PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS LEARNING COMMUNITY DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTS. NAHDLATUL MUJAHIDIN NW JEMPONG KELAS VII A SEMESTER II MATERI POKOK SEGITIGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013.

bilyadi bilyadi

Abstract


Pembelajaran matematika di kelas VII A MTs Nahdlatul Mujahidin NW Jempong tahun pelajaran 2012/2013, masih banyak mengalami masalah, diantaranya: sebagian besar siswa masih takut dalam bertanya kepada guru, siswa kurang memahami konsep dasar matematika, siswa sering mengerjakan tugas mata pelajaran lain saat pembelajaran sedang berlangsung, kurang termotivasi dalam belajar. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan presentasi belajar siswa MTs Nahdlatul Mujahidin NW Jempong tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action Reseach). Penelitian tindakan kelas ini melalui dua siklus, dimnana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1. Tahap perencanaan, 2. Tahap pelaksanaan, 3. Tahap pengamatan atau observasi, 4. Tahap refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Nahdlatul mujahidin NW Jempong yang terdiri dari 18 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif, dimana pendekatan kualitatif diperoleh lembar observasi sedangkan pendekatan kuntitatif diperoleh melalui tes hasil belajar. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah nilai rata-rata presentasi belajar yang diperoleh siswa minimal 70 (berdasarkan standar ketuntasan MTs Nahdlatul Mujahidin NW Jempong), dan ada peningkatan setiap siklusnya, serta peningkatan aktivitas belajar siswa minimal dapat mencapai katagori aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi dan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus. Rata-rata presentasi ketuntasan belajar yang dicapai adalah 83,33% dan 88,88. Sedangkan rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II 14,37 dan 16 yang berturut-turut termasuk dalam katagori aktif. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning berbasis learning community dapat meningkatkan aktivitas dan presentasi belajar siswa kelas VII A MTs Nahdlatul Mujahidin NW Jempong pada materi pokok segitiga tahun pelajaran 2012/2013.


Keywords


contextual teaching and learning, learning community, aktivitas, presentasi, segitiga.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v1i1.1870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: