PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING CONTRACTS DENGAN BANTUAN WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TRIGONOMETRI SISWA KELAS X MA. PUTRA AL ISHLAHUDDINY KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ayustina ayustina

Abstract


Pembelajaran klasikal/tradisional masih diterapkan di MA. Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Akan tetapi, dengan metode pembelajaran ini yang aktif hanya siswa yang mempunyai daya serap lebih cepat (pintar) sedangkan siswa yang lemah daya serapnya menjadi pasif. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan strategi
pembelajaran aktif tipe Learning Contracts dengan bantuan Work Sheet dalam proses belajar mengajar. Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok trigonometri. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan beberapa siklus kepada siswa kelas X MA. Putra Al-Ishlahuddiny Kediri sebagai populasi dan siswa kelas X B yang berjumlah 31 orang sebagai sampel penelitiannya. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan tes evaluasi dan observasi sedangkan teknik analisa datanya dilakukan secara deskriptif. Melalui analisa hasil evaluasi secara keseluruhan dari setiap siklus, dapat dilihat adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa secara klasikal yang dicapai pada siklus I sebesar 64,28 % sedangkan pada siklus II sebesar 89,65 %. Sedangkan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dimana pada siklus I rata-rata skor 3,15 poin berkategori cukup
aktif dan pada siklus II meningkat 4,43 poin berkategori aktif. Dari proses pembelajaran dan hasil evaluasi yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe Learning Contracts dengan bantuan Work Sheet
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok trigonometri kelas X B MA. Putra AlIshlahuddiny Kediri Tahun Pelajaran 20122013.


Keywords


Learning Contracts, Work Sheet, aktivitas, hasil belajar, trigonometri.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v1i1.1868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: