IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X.1 MA NW TERARA

Irman Alfiansyah

Abstract


Penyebab rendahnya Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X.1 MA NW Terara semester genap karena metode pembelajaran yang diterapkan masih berpusat pada guru, sehingga para siswa cenderung lebih pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X.1 di MA NW Terara pada materi pokok Trigonometri . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat langkah yaitu perencanaan, pelakasanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik kancing gemerincing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat di lihat dari peningkatan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 2,38 pada siklus II menjadi 3,14. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 80,2 kemudian menjadi 82,11 pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X.1 MA NW Terara pada materi pokok Trigonometri .


Keywords


Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing, Aktivitas, Hasil Belajar,Trigonometri.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: