UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SDN 72 KOTA BIMA PADA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA

Zuhriatun Nisa, Syarifudin Syarifudin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research) yang  direcanakan dalam beberapa siklu dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 72 Kota Bima dengan jumlah Siswa 19 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pelaksanaan dalam tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dengan rumusan masalah adalah bagaimana upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas II SDN 72 Kota Bima pada materi bangun datar melalui penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas II SDN 72 Kota Bima pada materi bangun datar melalui penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia . Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) data tentang kegiatan proses pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. (2) Hasil belajar Siswa dikumpulkan dengan memberikan tes pada setiap akhir siklus. Ketentuan belajar dikatakan tuntas jika ³ 85% siswa kelas II mendapat nilai > 65 pada tes akhir tiap siklus dan aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif atau baik sesuai dengan standar skor yang telah ditentukan. Hasil penelitian yang didapat adalah sebagai berikut: Siklus I; nilai rata-rata   hasil belajar siswa 72,11  dengan prosentase ketuntasan belajarnya sebesar 78,95%, dan aktivitas siswa  pada pertemuan pertama dan kedua adalah sebesar 83 dan 85 yang tergolong pada kategori aktif. Dan terjadi peningkatan pada Siklus II; nilai rata-rata hasil belajar naik menjadi 79,74 dengan presentase ketuntasan belajarnya 94,74% dan aktivitas belajar siswa 91 dan 92 dari skor masing-masing dua Observer berada pada kategori sangat aktif atau baik. Hasil tersebut menunjukkan sudah tercapainya indikator penelitia yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada materi mengenal bangun datar dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa kelas II SDN 72 Kota Bima .


Keywords


Penerapan PMRI dan Prestasi Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: