PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK FUNGSI KOMPOSISI PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 TANJUNG
Abstract
Rendahnya prestasi belajar siswa disebabkan karena masih diterapkannya metode pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga mengakibatkan siswa hanya mendegarkan dan menerima apa yang diberikan oleh guru, siswa hanya duduk diam mendegarkan ceramah guru dengan penuh perhatian, jarang bertanya, jarang mengemukakan masalah dan masih banyak siswa yang tidak mengkaji dan menganalisa kebenarannya. Siswa cenderung berpikiran bahwa apa yang dikatakan guru pasti benar dan tidak ikut aktif menetapkan apa yang akan diterimanya. Untuk mengatasi persoalan tersebut, maka diterapkanlah metode Problem Based Learning (PBL), PBL merupakan salah satu bentuk peralihan dari paradigma pengajaran menuju paradigma pembelajaran, yang memfokuskan pada pembelajaran siswa dan bukan pada pengajaran guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan Problem Based Learning dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Fungsi Komposisi Siswa Kelas XI SMAN 1 Tanjung Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil evaluasi Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 72,41 % dan aktivitas siswa sebesar 17,6 dengan katagori cukup aktif sedangkan aktivitas guru sebesar 2,71 dengan kategori cukup aktif. Pada siklus II persentase ketuntasan klasikal m e n c a p a i 86,66% dan aktivitas siswa mencapai 3,8 dengan kategori sangat aktif sedangkan aktivitas guru mencapai 3,71 dengan kategori aktif. Berdasarkan uraian diatas hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan baik dari aktivitas belajar siswa, aktivitas guru maupun hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan Problem Based Learning dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Fungsi Komposisi Siswa Kelas XI SMAN 1 Tanjung .
Keywords
Problem Based Learning, aktivitas dan prestasi belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1843
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika
J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: