MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIK SISWA MTs NEGERI 1 JONGGAT DENGAN PEMBELAJARAN TASC(THINKING, ACTIVELY DAN SOCIAL CONTEXT) PADA MATERI SEGITIGA

Ahmad Muzaki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif matematik siswaMTsNegeri 1Jonggat dengan pembelajaran TASC (Think, Actively, and Social Context) pada materi segitiga karena di MTs N 1 Jonggat pembelajaran matematika yang mereka rasakan kurang bermakna. Masih ada guru, pada saat pembelajaran matematika tidak mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari, padahal mengaitkan pengalaman kehidupan nyata siswa dengan idea-idea matematika dalam pembelajaran di kelas penting dilakukan agar pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur kemampuan berfikir kritis dan kreatif matematika siswa MTsN 1 jonggat pada materi segitiga. Dan wawancara dilakukan untuk melakukanproses triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 ada 6 dari 22 siswa yang tidak tuntas. Sedangkan pada siklus 2 semua siswa tuntas. Oleh karena itu pembelajaran dengan mode TASC mampu menumbuhkan rasa ingin tahu (inquiri),  pembiasaan bertanya, kemampuan menyampaikan pendapat, kerja sama sosial dalam belajar sehingga terbentuk budaya berpikir (cultural thinking) siswa.

Keywords


Berfikir kritis dan kreatif matematik, TASC (Thingking, Actively dan Social Context).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: