ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH VISUAL SPASIAL DAN LOGIS MATEMATIS DITINJAU DARI GENDER
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan menganalisis kreativitas siswa dalam pemecahan masalah visual spasial dan logis matematis ditinjau dari gender. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tes pemecahan masalah matematika dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 3 Makassar yang terdiri dari 2 orang siswa perempuan (SP) dan 2 orang siswa laki-laki (SL). Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis tugas dan wawancara yang dianalisis dengan teknik analisis isi kualitatif dengan pendekatan deduktif yang terdiri dari 4 tahap yaitu persiapan, pengorganisasian, pemaparan dan penaksiran data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kreativitas siswa dari segi produk dalam memecahkan masalah matematika (masalah visual spasial dan logis matematis), siswa SP umumnya lebih baik dibandingkan dengan siswa SL dalam menyelesaikan masalah yang sama, 2) kreativitas pemecahan masalah visual spasial SP dan SL dari segi proses melalui tahap merumuskan, merencanakan, dan memproduksi dimana SP menggunakan kemampuan visual terlebih dahulu kemudian menggunakan penalaran logis dalam menyelesaikan masalah sedangkan, SL menggunakan penalaran logis terlebih dahulu kemudian menggunakan kemampuan visual yang dimiliki, 3) kreativitas pemecahan masalah logis matematis siswa SP dan SL hampir sama pada tiap tahapan namun, uraian jawaban yang diberikan SP lebih rinci/terurai dan pada tahap memproduksi, SP membuat dan menuliskan kesimpulan dalam menemukan pola jawaban sedangkan SL tidak
Keywords
gender, kreativitas, pemecahan masalah, masalah visual spasial, masalah logis matematis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1837
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Media Pendidikan Matematika
J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: