PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS DI MAN 1 MATARAM

Indrajaya Indrajaya

Abstract


Kurangnya respon siswa dalam belajar matematika disebabkan pasifnya siswa dalam proses pembelajaran berlangsung sehingga siswa menganggap mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Adapun penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, selanjutnya adapun  tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan cooperative learning tipe index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok fungsi komposisi dan fungsi invers di MAN 1 Mataram. Sedangkan hasil analisis dalam penelitian menunjukan bahwa terdapat pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 78,79%  dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 69,78 dan nilai rata-rata respon belajar siswa  dengan kategori Cukup, selanjutnya pada siklus II menunjukan bahwa ketuntasan klasikal 87,89%  dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 78,94 dan nilai rata-rata respon belajar siswa dengan kategori Baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok fungsi komposisi dan fungsi invers.


Keywords


Cooperative Learning, Index Card Match, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v3i2.1831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: