PENERAPAN STRATEGIPQ4RDENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI SISWA SMA NEGERI 1 BATULAYAR

Nurul Fadillah Rachman, Syahrir Syahrir, Pujilestari Pujilestari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XA SMA Negeri 1 Batulayar tahun pelajaran 2014/2015 pada materi pokok trigonometri. Strategi PQ4R digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca dan penilaian portofolio digunakan sebagai dokumentasi hasil karya siswa selama proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XA SMA Negeri 1 Batulayar sebanyak 15 siswa. PTK ini dikatakan berhasil apabila terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa. Kemampuan pemahaman konsep siswa dikatakan tuntas apabila secara klasikal minimal 85% siswa mencapai nilai  75. Dari hasil evaluasi pada siklus I dan siklus II untuk nilai rata-rata kelas siswa yang merupakan kemampuan pemahaman konsep pada penelitian ini berturut-turut adalah 69,23 dengan presentasi ketuntasan 61,53% dan 80,23 dengan presentasi ketuntasan 92,30%. Indikator keberhasilan penelitian ini terpenuhi, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi PQ4R dengan penilaian portofolio pada materi pokok trigonometri dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XA SMA Negeri 1 Batulayar tahun pelajaran 2014/2015.


Keywords


Strategi PQ4R dengan Penilaian Portofolio, Pemahaman Konsep, Trigonometri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v3i2.1826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: