UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN DALAM MENULIS SOAL PILIHAN GANDA YANG BAIK DAN BENAR MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS MGMP SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DI SMA NEGERI 6 MATARAM

Hairuddin Hairuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan pendampingan berbasis MGMP dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru mata pelajaran dalam penulisan soal pilihan ganda yang baik dan benar, yang bermanfaat bagi Kepala Sekolah dalam rangka melaksanakan pendampingan berbasis MGMP bagi guru mata pelajaran/guru sasaran dalam menulis soal pilihan ganda yang baik dan benar. Hipotesis tindakan: jika pendampingan berbasis MGMP dilaksanakan dengan baik maka profesionalisme guru mata pelajaran dalam menulis soal pilihan ganda yang baik dan benar bagi guru SMA Negeri 6 Mataram semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat ditingkatkan.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Tahapan setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah; 1) Hasil observasi Kepala Sekolah  maupun observasi guru selama proses pembimbingan telah memperoleh skor rata-rata >  4,0 (Kategori baik), 2) Hasil kerja guru dalam menulis soal pilihan ganda secara klasikal  memperoleh prosentase > 85% tuntas, dan secara individual memperoleh  nilai rata-rata > 85,00. Hasil penelitian pada siklus I observasi Kepala Sekolah rata-rata (3,58), observasi guru rata-rata (3,54) dan hasil kerja individual rata-rata nilai (76,29) dengan prosentase ketercapaian (16,67%). Pada siklus II observasi Kepala Sekolah rata-rata (4,42) observasi guru rata-rata (4,11) dan hasil kerja individual rata-rata nilai (94,47) dengan prosentase ketercapaian (94,44%). Indikator keberhasilan telah tercapai, penelitian di nyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II. Sistem pendampingan berbasis MGMP sangat efektif dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru mata pelajaran di SMA Negeri 6 Mataram dalam menulis soal pilihan ganda sesuai dengan kaidah yang berlaku. Disarankan agar Kepala Sekolah lainnya mencoba untuk mengadakan pembinaan, pembimbingan, dan atau pendampingan bagi guru mata pelajaran di sekolahnya dalam upaya meningkatkan kompetensi, kualitas, dan profesionalisme guru dalam bidang pedagogic terlebih khusus bagi kompetensi/kemampuan menulis soal pilihan ganda yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku.


Keywords


Profesionalisme Guru – Pendampingan Berbasis MGMP

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v3i1.1823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: