PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SEGI EMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NARMADA

Susi Irma Yulianti

Abstract


Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilaksanakan di SMPN 4 Narmada diperoleh permasalahan dalam pembelajaran matematika yaitu siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar sehingga mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 4 Narmada pada materi pokok segiempat  semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Kontekstual. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, pertemuan 1 dan 2 untuk proses pembelajarannya dan pertemuan 3 untuk evaluasinya. Data kegiatan aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran  kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan aktivias dan hasil belajar siswa pada materi pokok segiempat hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 51,85%, analisis aktivitas belajar siswa kurang aktif pada pertemuan pertama dan pada pertemuan kedua cukup aktif, sedangkan aktivitas guru tergolong cukup baik pada pertemuan pertama dan pada pertemuan kedua tergolong baik. Pada siklus II hasil evaluasi sebesar 75%, analisis aktivitas belajar siswa tergolong cukup aktif pada pertemuan pertama dan pada pertemuan kedua tergolong aktif sedangkan aktivitas guru tergolong baik pada pertemuan pertama dan pada pertemuan kedua tergolong sangat baik.


Keywords


Model Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), Pendekatan Kontekstual, Aktivitas dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v3i1.1820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: