PENGARUH PENERAPAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR STATISTIKA PADA SISWA MTs. DARUL MUHAJIRIN

Fitria Ningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan learning cycle terhadap hasil belajar statistika pada siswa MTs. Darul Muhajirin. Model pembelajaran learning cycle adalah model pembelajaran yang menyarankan agar proses pembelajaran dapat melibatkan siswa dalam kegiatan belajar yang aktif. Learning cycle dalam penelitian ini terdiri dari 7 tahapan atau 7e, yaitu elicit, engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation, dan extand. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan desain Quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga dalam penelitian ini yang dijadikan kelas eksperimen yaitu siswa kelas VII A yang berjumlah 22 orang dan siswa kelas VII B yang berjumlah 23 orang sebagai kelas kontrol. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu berupa lembar tes dengan 15 soal pilihan ganda dan 4 soal uraian. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model digunakan uji-t dengan rumus polled varian. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data diperoleh nilai thitung  = 2,06 dan ttabel = 2,017 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 45, maka thitung > ttabel. Karena thitung > ttabel maka hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran learning cycle berpengaruh terhadap hasil belajar statistika pada siswa MTs. Darul Muhajirin

Keywords


Learning cycle, Hasil Belajar, Statistika.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v3i1.1819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: