Pengembangan Media Patrafu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Menengah Atas Pada Materi Transformasi Fungsi

Inayatul Karimah, Wahyu Lestari, Eko Waluyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PATRAFU (Papan Transformasi Fungsi) guna meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi transformasi fungsi. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas XI MA Fatahillah. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket respon siswa, dan tes pemahaman konsep. Hasil validasi menunjukkan bahwa media PATRAFU memperoleh persentase kelayakan sebesar 100% dari ahli media dan 75% dari ahli materi, yang termasuk dalam kategori layak. Skor rata-rata angket respon siswa sebesar 93,73% menunjukkan bahwa media ini diterima dengan sangat baik. Pemahaman konsep siswa meningkat dari 26,06% (pretest) menjadi 70,34% (posttest). Hasil analisis gain ternormalisasi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,6 yang termasuk dalam kategori sedang. Meskipun ketuntasan belajar klasikal belum sepenuhnya tercapai (hanya 73,08% siswa mencapai ketuntasan minimal sedang), penggunaan media PATRAFU menunjukkan potensi positif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa secara visual dan interaktif. Media ini direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran khususnya pada materi transformasi fungsi.

Keywords


PATRAFU, transformasi fungsi, pemahaman konsep, media pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.16243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Media Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: