Pendekatan STEM Berbasis GeoGebra Pada Materi Fungsi Kuadrat Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendekatan STEM pada materi fungsi kuadrat melalui proyek pembuatan ketapel dan pemanfaatan aplikasi GeoGebra guna meningkatkan pemahaman siswa SMK. Kombinasi pendekatan STEM dengan proyek ketapel dan GeoGebra dalam konteks pembelajaran fungsi kuadrat di SMK masih relatif jarang diteliti,, sehingga memberikan kontribusi kebaruan dari sisi metodologis dan kontekstual. Ketapel dipilih sebagai produk proyek karena memiliki lintasan parabola yang secara kontekstual merepresentasikan grafik fungsi kuadrat, sehingga memudahkan siswa dalam mengaitkan konsep matematika dengan fenomena nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan STEM melalui proyek ketapel dan penggunaan GeoGebra mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan memperdalam pemahaman konseptual serta representasional mereka terhadap fungsi kuadrat. Peningkatan ini tampak dari hasil tes pemahaman dan pernyataan siswa dalam wawancara, seperti pemahaman mereka terhadap bentuk grafik parabola dan parameter-parameter fungsi kuadrat. Simpulan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa integrasi proyek kontekstual dan teknologi dapat menjadi strategi efektif dalam pembelajaran matematika di SMK
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15644
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Media Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.