Pengaruh LKPD Berbasis Etnomatematika terhadap Pemahaman Matematika Siswa Melalui Arsitektur Vernakular Rumah Kaki Seribu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui eksplorasi arsitektur vernakular Rumah Kaki Seribu. LKPD dikembangkan dengan mengintegrasikan unsur budaya lokal dalam konteks pembelajaran geometri. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental tipe one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 25 siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Manokwari yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan mencakup lembar tes hasil belajar (pretest dan posttest), angket respon siswa, serta maket Rumah Kaki Seribu sebagai media pendukung eksplorasi. Analisis data dilakukan menggunakan skor N-gain untuk mengukur peningkatan pemahaman konsep, serta uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk melihat signifikansi perbedaan hasil sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,71 yang termasuk dalam kategori tinggi, dengan nilai signifikansi uji Wilcoxon sebesar 0,000 (p < 0,05). Selain itu, 80% siswa menyatakan LKPD sangat efektif dan 20% menyatakan efektif. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis etnomatematika tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika, tetapi juga mampu menarik minat siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual yang mengaitkan konsep matematika dengan budaya lokal. LKPD ini berpotensi menjadi inovasi pembelajaran yang mendukung pelestarian budaya serta peningkatan kualitas pendidikan matematika di daerah
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15629
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Media Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.