Eksplorasi Berpikir Kreatif Matematis; Pola Dan Proses
Abstract
Pengembangan kemampuan berpikir kreatif matematis sangat penting untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pola dan proses berpikir kreatif matematis melalui Tinjauan Sistematis Literatur (Systematic Literature Review/SLR). Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasi penelitian-penelitian relevan yang diterbitkan antara tahun 2015 hingga 2024, dengan fokus pada kemampuan berpikir kreatif matematis. Tinjauan ini mencakup studi-studi empiris, kajian teoretis, dan meta-analisis, sementara artikel non-empiris, laporan konferensi, editorial, dan ulasan buku dikecualikan berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan. Sebanyak 20 artikel dipilih untuk dianalisis secara mendalam. Hasil analisis menunjukkan bahwa indikator yang paling umum digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis meliputi kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keunikan (originality), dan penguraian atau elaborasi (elaboration). Selain itu, penggunaan soal pemecahan masalah yang tidak rutin dan terbuka serta model pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Tinjauan ini juga menyoroti pentingnya mempertimbangkan gaya belajar dan karakteristik kognitif siswa yang beragam untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih terarah dan efektif. Berdasarkan temuan tersebut, beberapa peluang tindak lanjut yang disarankan meliputi: 1) Mengembangkan instrumen pengukuran yang lebih valid dan reliabel untuk kemampuan berpikir kreatif matematis. 2) Menguji berbagai jenis soal matematika yang tidak rutin dan terbuka. 3) Merancang modul pembelajaran yang terstruktur berbasis pendekatan problem-based learning. 4) Membuat alat diagnostik untuk menilai preferensi belajar dan profil kognitif siswa. Dengan menerapkan strategi-strategi ini, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat ditingkatkan secara signifikan, yang pada akhirnya berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan matematika.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Media Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.