Hubungan Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Fisika Siswa

Nurelem Nurelem

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis korelasional, sebab menyelidiki hubungan antara variable bebas dengan variable terikat. Sampel penelitian ini sebanyak 30 orang siswa kelas X SMA Negeri 2 Pujut atau sebanyak 25% dari jumlah populasi sebanyak 120 orang siswa.  Untuk mendapatkan data penelitian digunakan instrumen penelitian berupa angket untuk variable motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar serta tes hasil belajar untuk mengdapatkan data hasil belajar fisika siswa. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar fisika yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,538. (2) terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar fisika yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,509, (3) terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar fisika yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,517.

Keywords


Motivasi Berprestasi, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Adya., Koko, W. (2020). Model Pembelajaran Kolaboratif dan Kreatif untuk Menghadapi Tuntutan Era Revolusi Industri 4.0. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. Vol. 2, No. 1.

BSNP. (2007). Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah SMA. Jakarta: Depdiknas.

Darlis, A. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal dan Formal. Vol. XXIV, No. 1.

Eva., Roida, F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 2(2): 122-131 ISSN: 2088-351X.

Ilham., Muhammad, S. (2020). Disrupsi Pendidikan IPA Sekolah Dasar dalam Menyikapi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Menuju New Normal Pasca COVID-19. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4 Tahun 2020 Halm. 929 - 937.

Pulungan, Intan. (2018). Hubungan antara Motivasi Berprestasi, Kebiasaan Belajar, dan Penggunaan Media Pembelajaran dengan Kompetensi Guru IPA MTS Pasca Diklat. Andragogi Jurnal Diklat Teknis. Volume 6., No.1

Sungkawa, I. (2013). Penerapan Analisis Regresi dan Korelasi dalam Menentukan Arah Hubungan Antara Dua Faktor Kualitatif pada Tabel Kontingensi. Jurnal Mat Stat, Vol. 13 No. 33-41

Surya, E., dkk. (2018). Hubungan Sense Of Humor, Kecerdasan Emosional dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Teladan Kota Batam. Pythagoras, 7(1): 68 - 77 April 2018 ISSN Cetak: 2301-5314.

Syafi’I, A., dkk. (2018). Studi tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan.Vol 2. No.2.

Yulianti, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta: Vol. 2, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram