Penerapan Pendekatan Saintifik Strategi Discovery Learning Dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya dan Hasil Belajar IPA di SDN 19 Cakranegara

Aini Sudarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan Saintifik Strategi Discovery Learning dengan Metode Diskusi  dalam upaya meningkatkan aktivitas bertanya  dan hasil belajar IPA siswa Kelas VI-B SDN 19 Cakranegara. Manfaat penelitian ini adalah mendorong peserta didik untuk mengembangkan ketrampilan belajar dalam kelompok (kognitif) dan bersosialisasi dengan teman dalam proses pembelajaran di kelas senyatanya. Dan bagi guru meningkatkan pengembangan pendekatan dan model pembelajaran dengan penerapan Saintifik dan strategi Discovery Learning dalam pembelajaran kerja kelompok (kooperatif) dengan metode diskusi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru  sebesar 4,42 dengan kategori baik, hasil observasi aktivitas bertanya peserta didik mencapai ( 45% )dengan kategori cukup aktif.  Sedangkan dampak dari peningkatan aktivitas bertanya  adalah meningkatnya perolehan hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata (80,75) dengan ketuntasan 91,67%, artinya indikator keberhasilan (> 4,0) dan hasil belajar (> 70,00) telah terlampaui. Karena indkator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.


Keywords


Saintifik, Discovery Learning, Diskusi, Bertanya, Hasil belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram