Efektivitas Pembelajaran Kimia Sistem Daring Pada Masa Pandemi Covid-19: Persepsi Mahasiswa

Muhali Muhali, Agus Muliadi, Sabrun Sabrun

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa pendidikan kimia terhadap efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Studi ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia di Universitas Pendidikan Mandalika sebanyak 18 orang yang diperoleh dengan teknik convenience sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2019/2020. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup tentang persepsi mahasiswa pendidikan terhadap pembelajaran daring dengan jawaban berdegradasi sesuai skala likert dan telah divalidasi ahli. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi mahasiswa pendidikan kimia adalah >50% memberikan respon negatif pada setiap jawaban tentang efektivitas pembelajaran daring, (2) analisis deskriptif persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran kimia sistem daring menghasilkan rata-rata cukup rendah yaitu sebesar 1,99 dengan kategori Cukup Baik. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia sistem daring pada semester genap tahun akademik 2019/2020 di masa pandemi covid-19 berlangsung kurang efektif.


Keywords


Pembelajaran Kimia, Daring, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram