EFEKTIFITAS MULTIMEDIA DAN POTENSI LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Siti Nurhidayati, Khaeruman Khaeruman

Abstract


Perkembangan Peserta Didik (PPD) merupakan salah satu matakuliah wajib yang termasuk dalam kelompok Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK). Salah satu materi yang dikaji adalah perkembangan prenatal yang termasuk materi abstrak, untuk itu diperlukan multimedia untuk mengkonkretkan materi tentang perkembangan prenatal dan bahaya yang terjadi pada ibu hamil, agar lebih mudah dikaji ataupun dipahami. Penggunaan multimedia dalam pembelajaran ini dipadukan dengan potensi lokal untuk menganalisis kasus-kasus bahaya pada ibu hamil yang terjadi di lingkungan sekitar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikal efektifitas multimedia dan potensi lkal untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa pada mata kuliah perkembangan peserta didik. Penelitian ini termasuk PTK dengan beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan evaluasi, tahap refleksi. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan RPS dan instrument kemampuan berpikir kritis. Data keterlaksanaan RPS pada siklus 1 dan siklus 2 mencapai 90 % dengan kategori sangat baik, sedangkan data kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada siklus 1 mencapai 80% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 90 %. Penggunaan multimedia dan potensi lokal pada mata kuliah perkembangan peserta didik efektip dalam meningktkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

Keywords


Multimedia; Potensi Lokal; Kemampuan Berpikir kritis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram