Analisis Kemampuan Penalaran Statistika Mahasiswa Semester 1 FKH UNDIKMA Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Biostatistika

Zainal Abidin, Agusfianuddin Agusfianuddin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep melalui penalaran statistika mahasiswa pada materi biostatistika; 2) Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan penalaran statistika mahasiswa FKH Undikma Mataram dengan kemampuan pemahaman konsep Pada Materi biostatistika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif  yang dilakukan terhadap 30 orang Mahasiswa FKH Undikma Mataram pada materi perkuliahan biostatistika. Data kemampuan penalaran statistika mahasiswa dikumpulkan melalui Tes Penalaran Statistika (soal nonrutin) sedangkan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa dikumpulkan melalui Tes Pemahaman Konsep (soal rutin). Kedua tes yang diberikan masing-masing terdiri dari 2 butir soal  Selain itu juga dilakukan Wawancara untuk mengumpulkan informasi yang lebih lengkap dari saampel yang telah diteliti. Data penelitian dianalisis dengan Uji Pearson Product-Moment Correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) rata-rata mahasiswa semester 1 Mahasiswa FKH Undikma Mataram memiliki kemampuan penalaran dan pemahaman konsep yang cukup baik; 2) terdapat hubungan antara kemampuan penalaran statistika dengan kemampuan pemahaman konsep Biostatistika mahasiswa semester 1 FKH Undikma Mataram pada materi perkuliahan biostatistika. Seperti yang terlihat pada pembahasan bahwa besarnya nilai signifikan, yaitu < 0,05 maka ada korelasi yang signifikan (Ha diterima). Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa pada penelitian ini terdapat hubungan antara kemampuan penalaran statistika dengan kemampuan pemahaman konsep biostatistika mahasiswa.

Keywords


Analisis, Penalaran Statistika, Pemahaman Konsep Biostatistika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Jakarta ; Rineka Ilmu

Asmar, B. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Statistika Mahasiswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing, SPS UPI, Bandung. Jurnal UPI khususNo. 1.Diakses pada 26 Oktober 2017.

Bjuland, R. (2007). Adult Students' Reasoning in Geometry: Teaching Mathematics through Collaborative Problem Solving in Teacher Education. The Montana Mathematics Enthusiast,ISSN 1551-3440, Vol. 4, No.1, 1-30.Diakses pada 28 Oktober 2017.

Hadi, A., dan Haryono (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan Bandung : CV Pustaka Setia.

Ismail, dkk, (2004). Kapita Selekta Pembelajaran Statistika Jakarta : Universitas Terbuka.

Karso, dkk, (2006), Pendidikan Statistika I, Jakarta : Universitas Terbuka.

Kilpatrick, J., Swafford, J., dan Findell, B. (2001). Adding it Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Kurniawan., & Very, A (2015). Mudah Belajar Statistika 2 untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiah. ISBN 979-462-817-4.Jakarta :Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2007.Diakses pada 26 Oktober 2017.

Lithner, J. (2008). A Research Framework for Creative and Imitative Reasonin Education Study Mathematic, (67), 305-276. Diakses pada 29 Oktober 2017.

Shadiq, F. (2004). Kemahiran Statistika. Yogyakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, N. (2007). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suherman, E., dkk, (2001). Strategi Pembelajaran Statistika Kontemporer, Bandung : Jica.

Sukmadinata N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia.

Suyitno, A. (2005). Petunjuk Praktis Penelitian Tindakan Kelas untuk Penyusunan Skripsi. Semarang: UNNES.

Tobondo, Y. F. (2016). Metodelogi Penelitian Pendidikan Statistika. Pendidikan Statistika Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Wardhani, Sri. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Statistika SMP/MTs untuk Optimalisasi Mata Pelajaran Statistika. Yogyakarta:PPPTK.

Yuantari, C., Handayani, S. (2016). Biostatistika Diskriptif dan Imfrensial. ISBN 979-26-0282-8. Badan penerbit Universitas Dian Nuswantoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram