Efektivitas Video YouTube dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi

Baiq Rina Amalia Safitri, Wirawan Putrayadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran video YouTube sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dan pembentukan karakter mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) di Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan 25 mahasiswa Semester 2 Kelas A. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 98,26 (kategori A) dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis YouTube sangat positif, dengan rata-rata skor angket 82%. Video YouTube terbukti efektif dalam menarik perhatian, meningkatkan pemahaman, dan memotivasi mahasiswa untuk belajar. Namun, implementasi media ini memerlukan seleksi konten yang cermat dan pengawasan untuk memaksimalkan efektivitasnya. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk integrasi YouTube dalam strategi pembelajaran di perguruan tinggi.

Keywords


Video Pembelajaran, Youtube, Hasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Akihary, W., Maruanaya, R. F., Lestuny, C., & Maruanaya, S. P. (2023). The youtube-assisted discovery learning model: improving students’ cognitive learning outcomes and critical thinking. Journal of Education and Learning (EduLearn), 17(4), 548-554. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i4.20851

AlFaris, E., Irfan, F., Ponnamperuma, G., Jamal, A., Vleuten, C. v. d., Maflehi, N. A., & Ahmed, A. M. (2018). The pattern of social media use and its association with academic performance among medical students. Medical Teacher, 40(sup1), S77-S82. https://doi.org/10.1080/0142159x.2018.1465536

Apriwahyuni, R. (2021). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran. Dipetik 2023, dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pemanfaatan-youtube-sebagai-media-pembelajaran/

Christodoulou, V., Saprikis, V., Kythreotou, L., Christodoulos, M., Calikus, E., & Joselowitz, J. (2023). Video features predicting engagement in climate change education. E3S Web of Conferences, 436, 06009. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202343606009

Ebied, M. M. A., Kahouf, S. A. A., & Rahman, S. A. A. (2016). Effectiveness of using youtube in enhance the learning of computer in education skills in najran university. International Interdisciplinary Journal of Education, 5(3 Part 2), 619-625. https://doi.org/10.12816/0035903

Hamidah, F. N. and Prystiantanta, N. C. (2023). Lecturers’ perception in using youtube for teaching esp. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 6(2), 353-359. https://doi.org/10.31539/leea.v6i2.5813

Herawati, R., Hanafi, Y., Safitri, I. Y., & Hartini, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Matematika Pada Pembelajaran Daring Kelas Ii Sdn Sleman 5 Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Youtube. Prosiding Pendidikan Profesi Guru (hal. 177). Sleman: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan.

KBBI. (2023). Video. Dipetik 2023, dari Kamus Besar Bahasa Indonesia: https://kbbi.web.id/video

Khairiyah, U. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IVdi SD/MI Lamongan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman , 197-204.

Kohler, S. and Dietrich, T. C. (2021). Potentials and limitations of educational videos on youtube for science communication. Frontiers in Communication, 6. https://doi.org/10.3389/fcomm.2021.581302

Mady, M. and Baadel, S. (2020). Technology-enabled learning (tel): youtube as a ubiquitous learning aid. Journal of Information &Amp; Knowledge Management, 19(01), 2040007. https://doi.org/10.1142/s0219649220400079

Manisa, T., Aryati, E., & Marlina, R. (2018). Respon Siswa Terhadap Lks Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Submateri Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI. Edukasi: Jurnal Pendidikan , 1-10.

Mohammed, I. A. and Ogar, S. I. (2023). Exploring the potential of youtube videos towards enhancing achievement and retention of undergraduate students in environmental education. European Journal of Interactive Multimedia and Education, 4(1), e02302. https://doi.org/10.30935/ejimed/13190

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian , 135-159.

Perlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajarandalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (hal. 167). Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Putra, R. E. and Trisnawati, W. (2023). Literature review: the technology problems on youtube as a learning media for math subjects at elementary school. PPSDP International Journal of Education, 2(2), 385-390. https://doi.org/10.59175/pijed.v2i2.138

Ratnasari, D. and Hendriyani, M. E. (2022). Learn from home using youtube platform in teaching competency development learning for biology education students. Journal of Biology Education Research (JBER), 3(1), 32-38. https://doi.org/10.55215/jber.v3i1.4700

Ratnasari, D. and Hendriyani, M. E. (2022). Learn from home using youtube platform in teaching competency development learning for biology education students. Journal of Biology Education Research (JBER), 3(1), 32-38. https://doi.org/10.55215/jber.v3i1.4700

Roodt, S. and Peier, D. (2013). Using youtube© in the classroom for the net generation of students. Issues in Informing Science and Information Technology, 10, 473-488. https://doi.org/10.28945/1823

Sharayah, M., Hadidi, F., AlSamhori, J. F., Ebdah, A., Diwan, O. A., Alna'san, A. W., … & alsabi’, A. r. a. (2023). Prevalence, effectiveness, and usefulness of using youtube among medical students in clinical years /physical examination.. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-2864704/v1

Supriyanto, A. S., & Masyhuri, M. (2010). Metodologi Riset: Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UIN-Maliki Press.

Wigati, S., Rahmawati, D. S., & Widodo, S. A. (2018). Pengembangan Youtube Pembelajaran Berbasis Ki Hadjar Dewantara untuk Materi Integral di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia (hal. 810-813). Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Wulandari, A. R., Masturi, & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan , 3779-3785.

Zengin, O. and Önder, M. E. (2021). Educational quality of youtube videos on musculoskeletal ultrasound. Clinical Rheumatology, 40(10), 4243-4251. https://doi.org/10.1007/s10067-021-05793-6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram