Pengembangan VOLTA (Video Lagu Teori Kimia) pada Materi Teori Asam Basa dengan Strategi Chunking

Khezya Merary Winel, Rahmat Rasmawan, Maria Ulfah, Tulus Junanto, Andi Ifriany Harun

Abstract


Pembelajaran kimia, yakni materi asam basa, dinilai sulit bagi siswa. Permasalahan ini ditemukan mengacu pada wawancara kepada guru dan siswa SMAN 2 Nanga Pinoh. Untuk mengatasi hal ini, media pembelajaran yang membantu siswa memahami dan mengingat materi, sesuai dengan karakteristik siswa sangatlah diperlukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk berupa VOLTA (Video Lagu Teori Kimia) pada Materi Teori Asam Basa dengan Strategi Chunking. Metode yang terapkan yakni penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap Development. Video Lagu Teori Kimia pada materi Teori Asam Basa yang diujicobakan kepada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Nanga Pinoh yang telah mempelajari materi teori asam basa merupakan subjek penelitian ini. Alat pengumpulan data berupa lembar penilaian kelayakan dan angket respon siswa. Penelitian ini menghasilkan media VOLTA (Video Lagu Teori Kimia) pada materi teori asam basa. Hasil validasi produk dari aspek materi dan media serta musik, masing-masing memperoleh skor 94,98% dan 96,08% sehingga sangat layak untuk digunakan. Hasil angket respon siswa pada uji respon awal dan utama mencapai rata-rata 89,09% dan 93,63% dengan kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa VOLTA (Video Lagu Teori Kimia) pada materi teori asam basa dengan strategi chunking sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords


Chunking, teori asam basa, video lagu

Full Text:

PDF

References


Aini, F., & Silfianah, I. (2022). Identification of Students’ Misconceptions on Acid-Base using Four Tier Diagnostic Tests. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 7(1), 33–43. https://doi.org/10.17977/um026v7i12022p033

Alamsyah, R., Toenlioe, A. J. E., & Husna, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurnal Elektronik Universitas Negeri Malang, 1, 229–236.

Amry, U. W., Rahayu, S., & Yahmin. (2017). Analisis Miskonsepsi Asam Basa Pada Pembelajaran Konvensional dan Dual Situated Learning Model (DSLM). Jurnal Pendidikan, 2(3), 385–391.

Anggraeni, R. (2015). The Effectiveness Of Using Chunking Strategy To Improve Students ’ Reading Comprehension At The. ETERNAL (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Pengajaran Bahasa Inggris), I(02).

Annisa, & Azra, F. (2023). Description Of Student Learning Difficulties In The Acid-Base Material. J. Pijar MIPA, 18(5), 31–41. https://doi.org/10.29303/jpm.v18i5.5583

Astutik, S. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dan Power Point Dalam Mata Pelajaran Tik Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Gurah. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 4(2), 80–86. https://doi.org/10.20961/seeds.v4i2.56735

Atika & Latisma. (2022). Deskripsi Kesulitan Belajar Kimia Siswa pada Materi Asam Basa Kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Padang. Entalpi Pendidikan Kimia, 18–26.

Brame, C. J. (2016). Effective educational videos: Principles and guidelines for maximizing student learning from video content. CBE Life Sciences Education, 15(4), es6.1-es6.6. https://doi.org/10.1187/cbe.16-03-0125

Branch, R. . (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. Springer.

Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Materi Dalam Ensiklopedia Daily Chemistry yang dapat mendukung ketercapaian standar isi pada siswa SMA/MA kelas XII IPA. 20. 11–26.

Dwiningtyas Putri, M., Rahmat, A., Sanjaya, Y. (2021). Penerapan Teknik Chunking untuk Mengendalikan Beban Kognitif Intrinsik Siswa SMA Pada Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Implementation of Chunking Technique to Control the Intrinsic Cognitive Load in Senior High School Students of Human Reproductive . Proceeding Biology Education Conference, 18, 25–29.

Eka Agustriana. (2014). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4–5.

Farista, R., & M, I. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699.

Firdaus, D. S. (2020). Pengembangan Media Video Lagu Model Materi Sistem Peredaran. Jurnal UNESA (Universitas Negeri Surabaya), 08(No 03).

Gazali, F., & Yusmaita, E. (2018). Analisis Prior Knowledge Konsep Asam Basa Siswa Kelas XI SMA untuk Merancang Modul Kimia Berbasis REACT. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 202. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/249

Gobet, F., Lloyd-Kelly, M., & Lane, P. C. R. (2016). What’s in a Name? The Multiple Meanings of “Chunk” and “Chunking.” Frontiers in Psychology, 7(February), 1–5. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.00102

Guo, P. J., Kim, J., & Rubin, R. (2014). How video production affects student engagement: An empirical study of MOOC videos. L@S 2014 - Proceedings of the 1st ACM Conference on Learning at Scale, July, 41–50. https://doi.org/10.1145/2556325.2566239

Hadiwinata, S., & Wibawa, I. M. C. (2021). Learn Single Substance and Mixed Substances with Demonstration Based Videos: Learning Media Feasibility. International Journal of Elementary Education, 5(2), 215. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34767

Halimah, L. (2016). Musik Dalam Pembelajaran. EduHumaniora : Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(2).

Hananto, B. A. (2020). Pembelajaran Kontras Dalam Tipografi Melalui Studi Komposisional. Gestalt, 2(1), 59–74. https://doi.org/10.33005/gestalt.v2i1.56

Hasanah Lubis, L., Febriani, B., Fitra Yana, R., Azhar, A., & Darajat, M. (2023). The Use of Learning Media and its Effect on Improving the Quality of Student Learning Outcomes. International Journal Of Education, Social Studies, And Management (IJESSM), 3(2), 7–14. https://doi.org/10.52121/ijessm.v3i2.148

Jajuli, M. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar ( The Development of Science Song Clip Video in The Learning of Science in Primary School ). Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6, 12–20.

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442

Lois, Y. E., & Rahayu, T. S. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Pengembangan Lagu Kreasi Berbasis Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V Sd Negeri Sudirman Ambarawa. 13(2), 288–296.

Magdalena, I., Saidah, M., & Aulia, P. B. (2020). Mengidentifikasi Kebutuhan Pembelajaran Pada Santri Di Pondok Pesantren an-Nuqthah. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2), 314–325.

Mahardika, E., Ridwan, A., & Rahmawati, Y. (2018). Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Menggunakan Model Learning Cycle 8e. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 3(1), 51–65.

Mardhiah, A., & Ali Akbar, S. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49. https://doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173

Marpanaji, E., Mahali, M. I., & Putra, R. A. S. (2018). Survey on How to Select and Develop Learning Media Conducted by Teacher Professional Education Participants. Journal of Physics: Conference Series, 1140(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1140/1/012014

Nurfadhillah, S., Ramadan, F. C. T., Afianti, N. A., Huzaemah, & Erdian, A. E. (2021). Pengembangan Media Video Pada Pelajaran. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(2), 333–343.

Nurkholis Majid, A., & Rohaeti, E. (2018). The Effect of Context-Based Chemistry Learning on Student Achievement and Attitude. American Journal of Educational Research, 6(6), 836–839. https://doi.org/10.12691/education-6-6-37

Nurrokhmah. (2017). Karakteristik Lagu Anak-anak Karya Titiek Puspa. Jurnal Pendidikan Seni Musik, 6(6), 376–383.

Oktaviani, R. T. (2019). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat ). MADIKA: Media Informasi dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 91–94.

Pangestika, R. R., Wijayati, N., & Widodo, A. T. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Joyful Learning Pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(1), 1849–1861.

Puruhita, I. R. (2019). Pembelajaran Role Playing Berbasis Video dan Lagu Pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22.

Puspitasari, F. B., & Herdiati, D. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Lagu di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Musik, 1(2), 15–38.

Rahayu, T. (2023). Pengembangan Media Lagu dan Video Dalam Pembelajaran Terhadap Minat dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Baturno Kabupaten Rembang. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(4).

Rahma, I. R. (2019). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran bagi anak sekolah dasar). PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99.

Rahman, F., & Anto, P. (2015). Analisis Lirik Lagu dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Gaya Bahasa serta Puisi di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 9–14.

Rahmatika, R., Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The Effectiveness of Youtube as an Online Learning Media. Journal of Education Technology, 5(1), 152. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628

Ratri, A. K. (2016). Penerapan Metode Penciptaan Lagu Anak Berbasis Tema untuk Guru TK Negeri Pembina Srengat Blitar. Jurnal Online STKIP PGRI Tulungagung, 2(1), 25–43.

Riduwan. (2015). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Alfabeta.

Rokhimah. (2019). Pengembangan Media Cover Song Untuk Pembelajaran Kimia Sma Pada Materi Asam Basa. UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI.

Sadhu, S. (2019). Uncover Student’s Alternative Conception in Acid-Base Theory Using a Modified Certainty of Response Index Instrument. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(1), 11–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v9i1.2646

Saputri, R. (2023). Implementasi Gubahan Lagu Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas Vd Di Mi Sudirman Munggur, Mojogedang, Karanganyar Tahun Pelajaran 2022/2023. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN MAS SAID SURAKARTA, 31–41.

Septiyani, S., Sartika, R. P., & Hadi, L. (2017). Deskripsi Pemahaman Konsep Materi Asam-Basa Siswa Kelas XI MIPA 1 MAN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1–9.

Shofwah, M. (2018). Pengaruh Strategi Chunking Dalam Materi Verbal Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Siswa. UIN.

Sudiro, F. A., Jerman, P. B., & FBS UNY. (2018). Implementasi Lagu Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman the Use of Songs in the Teaching of Listening in German. 1–9.

Sulistiyawati, P., Prabowo, D. P., & Ulumuddin, D. I. I. (2017). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Kuliah Tipografi pada Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(01), 69–80. https://doi.org/10.33633/andharupa.v3i01.1335

Susanti, A., Kasim, U., Achmad, D., Burhansyah, & Nasir, C. (2022). The Use of Media in Innovative Learning to Improve Students’ Achievement in Learning English. Research in English and Education (READ), 7(2), 85–90.

Susanti, E., & Halimah, M. (2018). Effective Learning Video Design in Distace Education. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(2 Desember 2018).

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Improving Student Learning Motivation Through the. Jurnal Edukasi Nonformal, 228–235.

Syukrhaini Marwi, A., Tadris, R. L., Ulfa, S. W., & Nainggolan, T. H. B. (2023). Pengaruh Media Musik Dan Lagu Dalam Pembelajaran Biologi. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 74–86.

Taber, K. S. (2015). The Role of Conceptual Integration in Understanding and Learning Chemistry. Chemistry Education: Best Practices, Opportunities and Trends, April, 375–394. https://doi.org/10.1002/9783527679300.ch15

Taspolat, M., Kaya, A. S., Sapanca, S., & Beheshti, S. (2018). Characteristics of instructional videos. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 10(2), 79–87.

Tim Kühl, Alexander Eitel, Gregor Damnik, H. K. (2014). The impact of disfluency, pacing, and students’ need for cognition on learning with multimedia,. Computers in Human Behavio, 35, 189–198.

Wayan, N., Amertha, D., Eva, K., & Adnyani, K. (2022). Pengembangan Media Video Lagu Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas X. Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia, 2, 49–61.

Winslett, G. (2014). What counts as educational video?: Working toward best practice alignment between video production approaches and outcomes. Australasian Journal of Educational Technology, 30(5), 487–502. https://doi.org/10.14742/ajet.458

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Yahya, S., Supardi, K. I., & Masturi. (2017). Satesik (sains, teknologi & musik) untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep sains. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 104–115.

Yasri, P., Dewi, P., Asril, N. M., Ayu, D., & Handayani, P. (2021). Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Menstimulasi Kemampuan Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9, 32–42.

Yuliansih, E., Arafat, Y., & Wahidy, A. (2021). The influence of learning media and learning interests on student learning outcomes. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(2), 411. https://doi.org/10.29210/021064jpgi0005

Yuliantini, Muldayanti, N. D., & Qurbaniah, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Musik Video Sains Pada Materi Sel Kelas XI SMAN 5 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4. No 1.

Zhilin, D. M., & Tkachuk, L. E. (2013). Chunking in chemistry. International Journal of Physics & Chemistry Education, 5(1), 39–56.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i6.9200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.