Cover Image

Deskripsi Disiplin dalam Pembelajaran Kimia Siswa MAN 1 Sintang

Yunita Puspasari, Tulus Junanto, Andi Ifriany Harun, Eny Enawaty, Rahmat Rasmawan

Abstract


Disiplin merupakan salah satu unsur penting dalam karakteristik pembelajaran kimia. Hal tersebut membuat guru membutuhkan informasi tentang kondisi kedisiplinan siswa sehingga dapat membantu guru dalam memberikan tindakan yang tepat untuk meningkatkan karakter disiplin siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kedisiplinan dalam pembelajaran kimia siswa MAN 1 Sintang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 MAN 1 Sintang. Prosedur pengumpulan data yaitu pertama peneliti memberikan angket kepada siswa kemudian hasilnya dianalisis dan disajikan dalam bentuk tabel dan diagram, kedua peneliti melakukan observasi dan wawancara sebagai triangulasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan pedoman observasi. Angket menggunakan skala likert dan hasilnya analisis dalam bentuk persentase.Hasilnya siswa sudah menunjukkan sikap disiplin selama pembelajaran kimia. kategori disiplin siswa yaitu sebanyak 65% siswa masuk dalam kategori sangat kuat, 32% siswa masuk dalam kategori kuat dan 3% siswa masuk dalam kategori cukup.


Keywords


deskripsi, disiplin, pembelajaran kimia

Full Text:

PDF

References


Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 107–115. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407

Afrizal, S., Juanda, S., & Nurlatifah, J. (2019). Implementasi Sanksi Berjenjang Bagi Pelanggar Tatakrama Dan Tata Tertib Pada Siswa Sma Negeri 2 Cibeber Lebak. Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika, 5(1), 35. https://doi.org/10.30870/hermeneutika.v5i1.7382

Anderson, K. P., Ritter, G. W., & Zamarro, G. (2019). Understanding a Vicious Cycle: The Relationship Between Student Discipline and Student Academic Outcomes. Educational Researcher, 48(5), 251–262. https://doi.org/10.3102/0013189X19848720

Andrian, R., Gimin, & Hendripides. (2022). Pengaruh Keaktifan dalam Berorganisasi terhadap Disiplin Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8389–8395.

Cecep, Fahmi, A. I., & Purwaningsih, H. (2023). Meningkatkan Disiplin Anak Melalui Kegiatan Antri Cuci Tangan Menggunakan Kartu Antrian. Jurnal Tahsinia, 4(1), 93–104.

Chandra, A., & Angin, A. (2017). Hubungan Perhatian Orang Tua Dan Iklim Sekolah Dengan Disiplin Pada Siswa Smp N 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat. Jurnal Phsycomutiara, 1(1), 1–14. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Psikologi/article/view/129/147

Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Gava Media.

Demilia, F., & Rozie, F. (2023). Pola Penerapan Sanksi Berjenjang Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Belajar Siswa Kelas II SDN Mundusewu III Jombang. Journal of Education for All, 1(3), 195–203.

Eriksen, I. M. (2022). Duty, discipline and mental health problems: young people’s pursuit of educational achievement and body ideals. Journal of Youth Studies, 25(7), 931–945. https://doi.org/10.1080/13676261.2021.1925637

Ernawati, M. D. W., Sudarmin, S., Asrial, A., Haryanto, H., Sanova, A., Kurniawan, D. A., & Azzahra, M. Z. (2022). The Influence of Student Interest on Student Learning Outcomes in Science Subjects. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 849–861. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.25306

Fachrurrozi, F., & Ibrahim, I. (2018). Hubungan Kontrol Diri dengan Disiplin Siswa Dalam Belajar. Jurnal Neo Konseling, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24036/xxxxxxxxxxx-x-xx

Fadilah, F., & Mahyuny, S. R. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Locus Of Control Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Samudra. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 100–105. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10731

Harling, V. N. Van. (2020). Analisis Hubungan Kedisiplinan Belajar Dari Rumah (BDR ) Dengan Prestasi Belajar Kimia Siswa Selama Masa Pandemi. Soscied, 3(2), 1–6.

Hendryadi. (2017). Validitasi Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178.

Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 69. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6449

Jelita, J., Suzana, Y., & Nuraida, N. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Lesson Study. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 81–91. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.16392

Jerome Freiberg, H., Oviatt, D., & Naveira, E. (2020). Classroom Management Meta-Review Continuation of Research-Based Programs for Preventing and Solving Discipline Problems. Journal of Education for Students Placed at Risk, 25(4), 319–337. https://doi.org/10.1080/10824669.2020.1757454

Jinot, B. L., & Johannes, V. N. E. (2021). A conceptual learner discipline management model for secondary schools in Mauritius. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4), 1359–1365. https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I4.20683

Khumaero, L. Al, & Arie, S. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Guru, Disiplin Belajar, dan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 1(1), 18–23. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/20281

Kurniawan, A., & Agustang, A. (2022). Faktor Penghambat tingkat kedisiplinan Siswa di SMAN 1 BANTAENG. Journal Of Sociology Education, 1(3), 120–126.

Kusuma, P. Y., & Muhsin. (2016). Pengaruh motivasi belajar, lingkungan teman sebaya, dan bahan ajar terhadap kesiapan belajar. 2(1), 18–23.

Ma’sumah, S. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Universitas Negeri Semarang.

Mangesti, T. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Disiplin Pada Pembelajaran Bahasa Prancis Tingkat SMA Kelas X SMAN 2 Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta.

Muderawan, I. ., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17–23.

Mulyasa, H. . (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi: Dalam Era Industri 4.0. Bumi Aksara.

Mz, I. (2018). Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i1.915

Naryanto. (2022). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 251 Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 2(1), 94–102.

Nurhidayanti, A., Nofianti, E., Kuswanto, H., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Melalui Implementasi LKPD Discovery Learning Berbantuan Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 312–328. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23719

Nurjanah, S., Kusumawardani, R., & Widiyowati, I. I. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Swasta Samarinda. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(1), 14–19.

Permata, V. W., Sahputra, R., Erlina*, E., Sartika, R. P., & Rasmawan, R. (2022). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Kimia Kelas X MIPA di SMA Negeri 6 Pontianak. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(4), 423–437. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i4.27418

Prasetyo, J. H., & Riyanto, S. (2019). The Effect of Emotional Intelligence, Learning Interest, and Discipline on Students’ Learning Outcomes in SMP Negeri 141 Jakarta. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(5). www.ijisrt.com973

Pratiwi, R. S., & Muhsin. (2018). Pengaruh tata tertib sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya, dan minat belajar terhadap disiplin belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 638–653. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/28281

Priliyanti, A., Muderawan, I. ., & Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Kimia Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11–18.

Puspitasari, N. L. P. D. (2018). Korelasi Pola Asuh Orang Tua Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas Vi Sd Gugus Viii Sukawati Tahun Ajaran 2017/2018. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(2), 110–120. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14719

Putri, A. N., & Mufidah, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(1), 133–148. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.3031

Reda Boro, M., Muderawan, I. W., & Suja, I. W. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dan Disiplin Diri Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 19. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32405

Rezkillah, I. I., & Haryanto, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi High Order Thinking Skill terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Percaya Diri. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 257–268. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.17322

Riduwan. (2013). Dasar-Dasar Statistik. Alfabeta.

Salsabilla, F., Arofiq, P. A., & Hamidah, H. (2022). Upaya Peningkatan Disiplin Belajar Siswa Melalui Manajemen Waktu Di Sd Laban Tengah. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(2), 213–220. https://doi.org/10.46306/jub.v2i2.82

Santika, I. W. E. (2020). Efektifitas. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Setiawati, S., Candra, I., & Fikri, H. T. (2020). Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VIII. Psyche 165 Journal, 13(1), 10–17. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i1.12

Setyawati, V., & Subowo. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29–44.

Shabazian, A. N. (2020). Voices That Matter: Chief Administrative Officers’ Role in the Student Discipline Gap. Urban Education, 55(1), 66–94. https://doi.org/10.1177/0042085916651319

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmanasa, E. (2016). Hubungan antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Kreatif, 7(1), 11–24.

Suriasumantri, J. S. (1987). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan.

Syaiful Bahri Djamarah. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd Kelas V Di Sd Negeri Muara Bolak 4 Kec. Sosorgadong. Jurnal Ilmiah Maksitek, 4(2), 5. https://makarioz.sciencemakarioz.org/index.php/JIM/article/view/83/80

Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 568–577. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2071

Tandiono, D. R., Atrizka, D., & Akbar, R. N. (2020). Disiplin Ditinjau dari Konsep Diri pada Siswa SMA Ahmad Yani Kota Medan. Insight : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 16(2), 238–252. https://doi.org/10.32528/ins.v16i2.2139

Tulus, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Grasindo.

Winulang, A. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar, Gaya Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Solihin Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 185–193.

Yana, E., & Nurjanah, N. (2014). Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciledug Kabupaten Cirebon. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1–9.

Yasmin, F. L., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 692–697.

Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Yuliantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, dan XII di SMA Bhakti yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35–44.

Yuni, R. S., & Pierewan, A. C. (2016). Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1(1), 1–16.

Yusuf, M., Ritonga, M., & Mursal, M. (2020). Implementasi Karakter Disiplin dalam Kurikulum 2013 Pada Bidang Studi PAI di SMA Islam Terpadu Darul Hikmah. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 49–60. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3437




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i5.8996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.