Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Minyak Bumi

Citra Ayu Dewi, Abdul Hamid

Abstract


Hasil belajar kimia yang sangat rendah disebabkan karena karakteristik materi pembelajaran kimia terutama materi minyak bumi yang bersifat abstrak sehingga siswa beranggapan materi pembelajaran sulit untuk dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Case Based Learning terhadap keterampilaan generik sains dan pemahaman konsep siswa kelas X pada materi minyak bumi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, jenis quasi eksperimen dengan desain penelitian ”Posttest-Only control design”. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dengan model Case Based Learning dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Data keterampilan generik sains diperoleh menggunakan lembar observasi keterampilan generik sains, sedangkan data pemahaman konsep siswa menggunakan tes pilihan ganda beralasan. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif untuk keterampilan generik sains dan analisis statistik  untuk pemahaman konsep siswa. Hasil analisis deskriptif lembar observasi keterampilan generik sains siswa diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar  85,171 dan kelas kontrol sebesar 57,51. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 76,40 dan kelas kontrol sebesar 57,09. Hasil analisis uji Mann-Whitney dengan SPSS 16.0 for Windows diperoleh nilai  sig. lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Case Based Learning berpengaruh terhadap keterampilan generik sains dan pemahaman konsep siswa kelas X pada materi minyak bumi.


Keywords


Case Based Learning (CBL), Keterampilan Generik Sains, Pemahaman Konsep, Minyak Bumi.

Full Text:

PDF

References


Fajriyatin. 2013. Penggunaan Demonstrasi, Animasi, dan Diskusi Serta Pegaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep Reaksi Redoks Siswa Kelas X Ma-Yusuf Abdussatar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2012/2013 (Skripsi). Pendidikan Kimia FPMIPA IKIP Mataram.

Juliawan, Didik. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta Tahun Pelajaran 2011/2012 (Skripsi). Pendidikan Kimia FPMIPA IKIP Matara.

Kusmayani. 2008. Analisis Tingkat Kesulitan Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Yusuf Abdussatar Tahun Ajaran 2007/2008 (Skripsi). IKIP FPMIPA Mataram.

Lisnawati. 2009. Penerapan Pendekatan Konstruktivis Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Tiga Pada Siswa Kelas VII MTs MUMBA’UL HAIR Bertais Tahun Ajaran 2008/2009 (Skripsi). Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Mataram.

Mutmainah, Siti. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Kasus Yang Berpusat Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Unsri Angkatan 2010 (Artikel). Pendidikan Kimia FKIP Unsri.

Pratiwi, Yussi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kasus Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Redoks Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 (Skripsi). FKIP Unsri.

Purwanto. 2004. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Hasil Belajar Materi Alat-Alat Optik (Artikel). Pendidikan Fisika FPMIPA Universitas Negeri Gorontalo.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konsruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka

Ubaidillah, Ahmad. 2012. Pengaruh Model pembelajaran Berbasis Kasus Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Materi larutan Penyangga SMAN 2 Kuripan Tahun Pelajaran 2012/2013 (Skripsi). Pendidikan Kimia FPMIPA IKIP Mataram.

Keeve, PL., Gerhards, U., Arnold, WA., Zimmer S., Zöllner, A. 2012. Jobrequirements compared to dental school education: impact of a case-basedlearning curriculum. GMS Z Med Ausbild. Vol. 29. PP: Doc54. DOI10.3205/zma000824, urn: nbn: de: 0183-zma 0008243.

Tao, L., Tang, Y., Zhu, MY.,Zhu, YQ., 2011. Application of case-based learning in clinical practice of dental students. Europe PubMed Central. Vol. 20. PP: 209-212. DOI 10.1111/j.1365-2929.2005.02107.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i2.687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.