Implementasi Think Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah DanHasil Belajar Kognitif Siswa

Baiq Aninda Junita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model TAPPS berbantuan media kartu bergambar dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian ” posttest only control group design”. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sehingga terpilih siswa kelas Xsebagai kelas eksperimen (Model TAPPS berbantuan media kartu Bergambar) dan kelas X3 sebagai kelas kontrol (Model Konvensional).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajar dengan model pembelajaran (TAPPS) berbantuan media kartu bergambar  lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan modelpembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan model (TAPPS) berbantuan media kartu bergambar dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional.


Keywords


Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Media Kartu Bergambar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Desriyanti, Y. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) TerhadapKemampuan Penalaran Adaptif Matematik Siswa (Skripsi). Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Muhab, S. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Sebagai Penunjang Pembelajaran Kimia SMA. Jurnal. Pend. Mat. & Sains Vol 4.No 2. Hal 89-93.

Novianti, V. 2014. Pengaruh Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Dan Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa (Skripsi). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rohman, M, G. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran TAPPS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Materi Ruang Dimensi Tiga Di MAN 2 Kudus (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sudria., Ida B. N., I Wayan R., Luh S. 2011. Pengaruh Pembelajaran Interaktif Laju Reaksi Berbantuan Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol 4. Nomor 1-3. Hal.25-33

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yanti, Md, R, P., Tjok, R, P., I Wyn, W. 2012.Pengaruh Model Kooperatif Tipe TAPPS Berbantuan Media Kartu Kerja Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD (Skripsi). Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Zukhaira. 2009. Pembuatan Dan Penggunaan Media Gambar Dan Kartu Kata Untuk Pengajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah (Skripsi). Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i2.685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.