Pengembangan Media Animasi Dengan Macromedia Flash Pada Materi Struktur Atom

Rohanawati Rohanawati, Suryati Suryati, Citra Ayu Dewi

Abstract


Struktur atom merupakan salah satu materi pokok kimia yang dianggap sulit bagi sebagian besar siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yitu: 1). Materinya yang bersifat abstrak, 2). Masih kurangnya pemanfaatan alat bantu mengajarberupa media pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran berupa media animasi dengan macromedia flash. Macromedia Flash dapat menjelaskan keabstrakan dari materi struktur atom, memperjelas penyampaian pesan serta meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kelayakan media animasi dengan macromedia flash pada materi struktur atom. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan rancangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapyaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Model pengembangan ADDIE dalam penelitian ini terbatas pada tahap Analysis, Design, Developmentdan tidak sampai pada tahapn Implementation dan Evaluation dengan beberapa penyesuaian berdasarkan kebutuhan pengembangan. Hasil pengembangan divalidasi oleh 2 validator ahli dan satu praktisi yaitu guru mata pelajaran kimia serta di uji cobakan kepada 10 orang siswa SMAN 1 Gangga. Data kuantitatif hasil validasi dianalisis dengan rumus persentase dan data kualitatif berupa tanggapan dan saran dari validator digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Spesifikasi hasil pengembangan yang dihasilkan berupa media animasi dengan materi struktur atom. Berdasarkan validitas uji ahli diperoleh rata-rata persentase kelayakan yaitu sebesar 84,16%, uji dari guru kimia sebesar 82,35%, dan dari 10 orang siswa kelompok terbatas sebesar 80,5%. Jadidapat di simpulkanbahwa media animasi dengan macromedia flash pada materi struktur atom sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Pengembangan, Media Animasi, Macromedia Flash Dan Struktur Atom.

Full Text:

PDF

References


Badi, H. J. Zeki, A.M. Faris, W. F. Othman, R. B. 2013. Animation as a Problem Solving Technique in Mechanical Engineering Education. International Jurnal of Scientific & Engineering Reseach. Vol. 4. No. 5. ISSN 2229-5518.

Depdiknas, 2003. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Nilawasti, Z.A. 2013. Penggunaan Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Geometri Dimensi Tiga. Prosiding Semirata FPMIPA Universitas Lampung.

Priatmoko, S. Prasetya, A. 2011. Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Media Macromedia Flash dan Microsoft Powerpoit yang Disampaikan Melalui Pendekatan Chemo-Edutaintment. Semarang: FPMIPA Universitas Negeri Semarang.

Salim, S. Toifur, M. 2011. Pemanfaatan Media Pembelajaran (Macromedia Flash) Dengan Pendekantan Kontruktivis Dalam Memecahkan Efektipitas Pembelajaran Fisika Pada Konsep Gaya. Seminar Nasional Penelitian: Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Setyawan, A. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Komputer Dengan Macromedia Flash 8 Untuk Sekolah Menengah Atas Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Garak. Skripsi: IKIP PGRI Semarang.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i2.655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.