Korelasi Antara Keterampilan Proses Sains Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Praktikum Sifat Koligatif Larutan

Najmah Najmah, Khaeruman Khaeruman, Yusran Khery

Abstract


Praktikum yang dilakukan sejauh ini memang sudah memiliki keterampilan proses sains untuk dinilai. Namun, penilaian yang dilakukan belum maksimal. Mahasiswa masih sangat bergantung pada koordinator praktikum, sehingga keterampilan proses sains yang dimiliki mahasiswa tidak berkembang. Pada hakikatnya keterampilan proses sains tersebut dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar mahasiswa pada praktikum sifat koligatif larutan. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kampus IKIP Mataram. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester genap program studi pendidikan kimia, matematika dan biologi yang berjumlah 138 orang yang memprogramkan mata kuliah kimia dasar II Tahun Pelajaran 2013/2014. . Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi keterampilan proses sains dan Lembar soal tes hasil belajar. Teknik analisa data untuk menghitung koefisen korelasi keterampilan proses sains dengan hasil belajar digunakan  rumus pearson korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains mahasiswa dalam praktikum sifat koligatif larutan memiliki korelasi positif dengan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan oleh r sebesar 0,2897 menurut korelasi pearson product moment dan r 0,1676 dengan taraf signifikan 5%.


Keywords


Korelasi, Keterampilan Proses Sains, Dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol .2, No. 2, 2008, hlm 317-322

Noor, Juliansyah.2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nuryani, R. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang

Purba, M. 2006. Kimia Untuk SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga.

Purwanto, N. 2008. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta .

Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i2.647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.