Penggunaan Media Pembelajaran “Monosimpur” (Monopoli Sistem Periodik Unsur-Unsur) Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Suatu Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Kimia Sma Di Kelas X)

Bakhtiar Ardiansyah

Abstract


Karya tulis ini disajikan bertujuan untuk member informasi kepada guru SMA khususnya mata pelajaran Kimia dalam upaya mengembangkan pembelajaran kimia melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media  pembelajaran Monosimpur (Monopoli Sistem Periodik Unsur-Unsur). Ide yang  disajikan dalam karya tulis ini agar  dapat diaplikasikan dalam pembelajaran dan dapat dikembangkan berdasarkan kebutuhan masing-masing.


Keywords


Media Monosimpur, Starategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2003. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi

Arsyad. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ena, Ouda Teda. 2001. Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi. Yogyakarta: Indonesian Language and Culture Intensive Course Universitas Sanata Dharma. www.ialf.edu/kipbipa/papers/oudatedaena.doc (Download tanggal: 1 Desember 2010).

Ibrahim, M. Fida R, Nur, M danIsmono, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa Press

Slavin R E, 2009. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Thoifuri, 2007. Menjadi Guru Inisiator. Jakarta Rasail Media Group




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i1.645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.