Pengaruh Pendekatan Inquiry Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia

Anita Wardani

Abstract


Laju Reaksi merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: 1) materi laju reaksi yang dipelajari tergolong pada level makroskopik, mikroskopik dan simbolik 2) metode pembelajaran yang kurang bervariasi menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebutditerapkanpendekatan Inquiry Based Learning.Penerapan pendekatan inkuiri based learning memungkinkan siswa terlibat secara aktif menggunakan proses mentalnya untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip materi laju reaksi  yang sedang dipelajari. Tujuandaripenelitianini adalahuntukmengetahuiprosespenerapan pendekatan inkuiri based learningdan pengaruhnya terhadap hasilbelajar siswa kelas XI SMKN 3 MataramTahun Pelajaran 2012/2013 pada  materi laju reaksi.Populasidalampenelitianini terdiridariduakelasdenganjumlah55 siswa.Pengambilansampeldilakukandengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui  observasiketerlaksanaan  RPP, penilaianafektifsiswa,penilaianpsikomotor siswa  danteshasilbelajar. Dari hasilujicoba instrumen diperoleh 34item soal  yang valid dengan tingkatreliabilitas tessebesar0,814dengankriteriasangatbaik.Analisis datahasilbelajarsiswadilakukanmelaluiujibeda(ujiZ)diperoleh Zhitumg (0,217)<Ztabel (1,96) dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 69,38 dengan ketuntasan klasikalnya 66,66% hampir sama dengan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 69,96 dengan ketuntasan klasikal 62,06%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran IBL pada materi laju reaksi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai Zhitung  (0,217) < Ztabel (1,96).


Keywords


Inkuiri Based Learning (IBL),Hasil Belajar, Laju Reaksi.

Full Text:

PDF

References


Affan. 2012. Efektifitas Metode Jigsaw dengan Menggunakan LKS Induktif terhadap Kemampuan berpikir Kreatif dan Hasil Belajar siswa pada Materi konsep Redok kelas X MA Putra Al-Aziziyah Kapek Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi: IKIP Mataram

Agustikawati, 2012. ProsesPenerapanModelPembelajaran InkuiriTerbimbingDipaduMediaVideoDan PengaruhnyaTerhadapHasilBelajarSiswa PadaPokokBahasanKesetimbanganKimia. Skripsi: IKIP Mataram

Ariani, Rosyda Safrida. 2006. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Pembelajaran dengan Pendekatan IBL (Inquiry Based-Learning) pada Kelas XI SMA 12 Semarang. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Gilbert, JK. 2009. Multiple Representations in Chemical Education. Science and Mathematics Education Center, Curtin University of Technology, Australia.Jurnal.

Hartono. 2008. SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Pekanbaru: Zanafa.

Johnstone, A.H.1982. Macro-and micro Chemistry.School.Science Riview.

Khaeruman, 2011.Keefektifan Pembelajaran Kooperatif TGT di Kombinasikan dengan media animasi diukur dengan proses dan hasil belajar elektrokimia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Singosari. Tesis program Pasca sarjana S2. Malang: Universitas Negeri Malang.

Priyatno, A. 2010.Paham Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom

Purba, Michael. 2006. Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Puspitasari, Ayu and Harun Nasrudin. 2012.increasing of critical thinking skills using inquiry learning model in sub material solubility and solubility product in grade xi rsbi senior high school 1 bojonegoro.Unesa Journal of Chemical Education Vol.1, No. 1, pp 76-82 Mei 2012 ISSN: 2252-9454.

Sadiman, Arief.S. dkk. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: PT PrajaGrafindo Persada.

Sudjana, N. 2005.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta,CV.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suma, ketut. 2010. efektivitas pembelajaran berbasis inquiry dalam peningkatan penguasaan konten dan penalaran ilmiah calon guru fisika.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 43.

Suyanti, Dwi Retno.2010. Strategi Pembelajaran Kimia.Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v1i1.578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.