Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Kimia SMA

Muhali Muhali

Abstract


Kemampuan metakognisi siswa memegang peran penting dalam menunjang keberhasilan dalam belajarnya. Siswa dengan kemampuan metakognisi yang tinggi memiliki tingkat kesadaran yang tinggi juga terhadap aktivitas belajar yang dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang keadaan kemampuan metakognisi siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah  penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di wilayah Lombok Tengah-NTB, yang meliputi siswa pada 16 SMAN Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa yang diambil dari 4 sekolah yang dipilih secara acak. Sekolah yang digunakan adalah SMAN 1 Pujut, SMAN 1 Praya Timur, SMAN 1 Pringgarata, dan SMAN 3 Praya.Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan  yang berhubungan dengan kemampuan metakognisi meliputi pengetahuan metakognisi (deklaratif, prosedural, dan kondisional), dan kesadaran metakognisi (kontrol, monitoring, dan regulasi diri). Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa secara keseluruhan pada keempat sekolah tersebut memiliki kemampuan metakognisi dalam kategori sedang. Data persentase siswa secara keseluruhan menunjukkan bahwa 6,15% siswa dengan kategori sangat baik, 32,31% dengan kategori baik, 51,15% dengan kategori sedang, 10,39% siswa dengan kategori rendah, dan 0% dengan kategori sangat rendah. Persentase kemampuan siswa secara keseluruhan pada setiap indikator menunjukkan kemampuan metakognisi mereka kurang baik (dengan pencapaian persentase tiap indikator < 60%).


Keywords


Kemampuan Metakognisi, dan Pembelajaran Kimia

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Downing, K. J. 2009. Self-efficacy and Metacognitive Development. The International Journal of Learning. Volume 16, Number 4, http://www.Learning-Journal.com, ISSN 1447-9494.

Hacker, D. J., Bol, L., & Keener, M. C., ...Metacognition in education: A focus on calibration. In J. Dunlosky, & R. Bjork (Eds.), Handbook of Memory and Metacognition. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Kaberman, Z. &Y. J. Dori. 2008. Metacognition in chemical education: question posing in the case-based computerized learning environment. Springer Science+Business Media. Technion-Israel Institute of Technology.

Kadir. 2009. Meningkatkan Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Asesen Kinerja Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan.Volume VII No. 3

Lorin, W. Anderson and David R. Krathwohl. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. Addison Wesley Longman, Inc.

Lai, E. R. 2011. Metacognition: A Literature Review Research Report.

Louca, E.P. 2008. Metacognition and Theory of Mind.Cambridge Scholars Publishing.

Niedringhaus, K. L. 2010. Teaching Better Research Skills by Teaching Metacognitive Ability. Vol. 18 Winter/Spring.

Nur, M. 2011. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Slavin, R. E. 2009. Educational Psychology. Pearson Education, Inc.

Woolfolk, A. 2009. Educational Psychology Bagian Kedua Edisi Kesepuluh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v1i1.572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.