Analysis of 11th grade Senior High School Students Scientific Literacy on Salt Hydrolysis Lesson
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 102-113. doi:10.31331/jipva.v4i2.862
Asyhari, A dan Hartati, R. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2): 179-191.
Bernardo, P., Patarata, L., Lorenzo, J.M., & Fraqueza, M.J. (2021). Nitrate is nitrate: the status quo of using nitrate through vegetable extracts in meat products. Foods, 10(12). 3019; https://doi.org/10.3390/foods10123019
Irawati, R.K. (2019). Pengaruh Pemahaman Konsep Asam Basa terhadap Konsep Hidrolisis Garam Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas XI. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(1): 1-6. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Thabiea/article/view/4090/3431
Kamil, F.F. (2022). Studi profil literasi sains siswa dalam pembelajarannya di SMP Kota Banda Aceh. Tesis S2. Sekolah Pascsarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
Kirana, D., Budiyanto, M., & Purnomo, A. (2022). meningkatkan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran IPA berbasis socio-scientific issues pada materi pencemaran lingkungan. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 10(2), 260-265. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/45095
Lestari, H. (2020). Literasi sains siswa melalui penerapan model pembelajaran blended learning dengan blog. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2): 597–604. https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/769
Lubis, M. M., Mahzum, E., & Halim, A. (2021). Analisis Kemampuan literasi sains mahasiswa jurusan pendidikan fisika Universitas Syiah Kuala berdasarkan instrumen scientific literacy assessment. Serambi Akademica, 9(8), 1479–1488. https://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/3412
Maluly, Hellen D. B.; Arisseto-Bragotto, Adriana P.; Reyes, & Felix G. R. (2017). Monosodium glutamate as a tool to reduce sodium in foodstuffs: Technological and safety aspects. Food Science & Nutrition, 5(6), 1039–1048. doi:10.1002/fsn3.499
Mundzir, M., Sujana, A., & Julia, J. (2017). Problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SD. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 421-430. doi:https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10677
Nofiana, M & Julianto, T. (2018). Upaya peningkatan literasi sains siswa melalui pembelajaran berbasis keunggulan lokal. Biosfer Jurnal Tadris Biologi, 9(1): 24-25. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/biosfer/article/view/2876
Nusi, K., Laliyo, L.A.R., Suleman, N., & Abdullah, R. (2021). Deskripsi pemahaman konseptual siswa pada materi hidrolisis garam. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1): 118-127. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/article/view/9228/0
Pikoli, M. (2017). Pola-pola kesalahan siswa dalam memahami konsep hidrolisis garam ditinjau dari aspek gambaran makroskopik-submikroskopik. Jambura Journal of Educational Chemistry, 12(2): 231-235.
Prabowo, C. A., & Fidiastuti, H. R. (2017). Mengukur Keterampilan Literasi Ilmiah Mahasiswa Tahun Pertama menggunakan Test of Scientific Literacy Skills ( TOSLS ) Measuring First Year Student Scientific Literacy Skills using Test of Scientific Literacy Skills ( TOSLS). Bioeducation Journal. 2, 78–86. doi:10.24036/bioedu.v1i2.45.
Purnawan, I dan Ramadhani, R.B. (2017). Pengaruh konsentrasi koh pada pembuatan tawas dari kaleng alumunium bekas. Jurnal Teknologi, 6(2): https://jurnal.umj.ac.id/index.php/jurtek/article/view/221
Setiawan, A.R. (2019). Peningkatan Literasi Saintifik melalui Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Saintifik. Journal of Biology Education, 2(1): 1-13. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/5278/pdf_1
Utami, A. U. (2021). Pengembangan instrumen Test Of Scientific Literacy Skills (Tosls) berbasis daring pada pembelajaran IPA untuk mengukur literasi sains. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11, 83–89. https://jurnallensa.web.id/index.php/lensa/article/view/157/93
Wiyanto. (2017). Pendekatan saintifik pada perkuliahan dengan sistem e-learning. Integralistik, 18(2): 217-229. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/13738
Wulandari, N. H. S. (2016). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan kompetensi sains siswa SMP pada materi kalor. Edusains, 8(1), 66–73. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/1762/0
DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i1.5681
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.