Online or Blended Learning: Any Differences in Chemistry Learning Outcomes?
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, R. S. S. (2016). Penerapan Peer Instruction with Structured Inquiry (PISI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 1(2), 176–188.
Aisyah, R. S. S., Langitasari, I., & Affifah, I. (2021). Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Pada Calon Guru Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Learning Studies, 1(2), 127–134.
Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi Application of Blended Learning with a STEM Approach to Improve Students ’ Science Literacy Ability during the Co. Journal of Biology Learning, 3(1), 25–33.
DisdikbudBanten. (2021). Surat Edaran Disdikbud Banten Nomor 800/1905-Dindikbud/2021 tentang Persiapan Pembelajaran Tatap Muka. Disdikbud Banten.
Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Sustainable, 5(2), 230–249.
Fatimah, A., Pardede, A. K., & Kusmintarti, A. (2020). Pengaruh Blended Learning terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi Indonesia, 16(1), 44–51.
Fikri, M., Ananda, M. Z., Faizah, N., Rahmani, R., Elian, S. A., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148.
Habibi, I. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring (Whatsapp Group, Google Classroom, dan Zoom Meeting). Cendekia (Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam ), 12(02), 161–178.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.
Hijriyati, N., Muharini, R., Ulfah, M., Lestari, I., Kimia, P. P., Tanjungpura, U., Prof, J., & Nawawi, H. H. (2022). Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kimia pada Masa Pandemi Covid-19. 10(2).
Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Penyusunan Media Pembelajaran Video Powerpoint sebagai Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi. Abdimas Siliwangi, 5(1), 112–121. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/as.v5i1p%25p.6922 PENYUSUNAN
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). HukumOnline.Com.
Khery, Y., Muzaki, A., Nufida, B. A., Lesnawati, Y., Rahayu, S., Candra, N., & Setiawan, E. (2020). Mobile-Nature of Science Model of Learning for Supporting Student Performance on General Chemistry Classroom. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 14(12), 122–137. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijim.v14i12.15591 Yusran
Khery, Y., Nufida, B. A., Rahayu, S., & Budiasih, E. (2019). Mobile Technology On Learning Through Mobile- NOS Model To Enhance Students Awareness Of Epistemology Of Science. 8(12), 1129–1133.
Langitasari, I., Rogayah, T., & Solfarina. (2021). Problem Based Learning (PBL) pada Topik Struktur Atom: Keaktifan, Kreativitas, dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2813–2823.
Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. Prisma, 9(2), 154. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1070
Murtini, J., Utami, W. S., & Budiyanto, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dengan Media Sway pada Materi Peta untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ilmu Sosial. Jurnal Education and Development, 9(1), 314–318.
Prasetyo, B., Ifriza, Y. N., Purwinarko, A., Subhan, & Efrilianda, D. A. (2022). Interactive Learning Media Based Augmented Reality Inovasi Pembelajaran Solusi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Abdimas, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(1), 8–14. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/
Rohimat, S. (2023). Tanggapan Peserta Didik terhadap Model Pembelajaran Daring dan Luring Selama Masa Pemulihan Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 62–66.
Santosa, T. A., Razak, A., Anhar, A., & Sumarmin, R. (2021). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Zoologi di Era Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7, 77–83.
Suraida, Suendarti, M., & Hasbullah. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 89–97. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/herodotus.v5i1.10992
Tasdik, R. N., & Amelia, R. (2021). Kendala Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring Matematika di Situasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 510–521.
Utomo, M. N. Y., Sudaryanto, M., & Saddhono, K. (2020). Tools and Strategy for Distance Learning to Respond COVID-19 Pandemic in Indonesia. Ingenierie Des Systemes d’Information, 25(3), 383–390. https://doi.org/10.18280/isi.250314
Virgana, Samin, & Ningsih, R. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 95–108. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Widarto. (2013). Penelitian Ex Post Facto. Pelatihan Metodologi Penelitian Pendidikan, 1–8.
Yatni, A. N. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) Dipadu Blended Learning Terhadap Kualitas Proses dan Persepsi Mahasiswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 6(1), 1. https://doi.org/10.33394/hjkk.v6i1.1594
Yustina, Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The Effects of Blended Learning and Project-Based Learning on Pre-Service Biology Teachers’ Creative Thinking Skills through Online Learning in the COVID-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 408–420. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706
Zebua, E., & Harefa, A. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 251–262. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.35
DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i1.4561
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.