Deskripsi Perkembangan Keterampilan Dasar Kerja Laboratorium Kimia Siswa SMA Negeri 1 Singaraja
Abstract
chemistry laboratory carrying out the work. This study was conducted using a qualitative approach
with the subject of the research is 603 students consisting of 8 classes of X grade, 7 classes of XI
grade and 7 classes of XII grade. Data were collected with observation papers. The results showed
only 8 out of 10 aspects of the basic skills of laboratory work were observed. Five aspects of skills
classified into very well categories and three categories of skills aspect quite well.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar evaluasi
pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Astiti, K.A. 2010. Tindak Guru Dalam
Pembelajaran IPA berbasis
kegiatan laboratorium di SMP N 1
Singaraja tahun pelajaran
/2010. Skripsi (Tidak
Diterbitkan).Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Pendidikan Ganesha.
Funk, J., Ronald L.Fiel, James R. Okey.
Learning Science Proses
Skills. United States of America:
Kendal Hunt Publishing Company.
Mariasa, P. E. 2008. Pembelajaran Kerja
Ilmiah Pada Materi Reaksi
Oksidasi-Reduksi di Kelas X2 SMA
Negeri 1 Seririt Tahun Ajaran
-2008. Skripsi (Tidak
Diterbitkan).Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Pendidikan Ganesha
Purwanti, W. H. Alat dan Bahan Kimia
Dalam Laboratorium IPA.
Tersedia pada
http://staff.uny.ac.id/sites/default/fi
les/tmp/AlatdanbahanKimiadalaml
abIPA.pdf (Diakses tanggal 7
Desember 2011).
Narawati, S. 2011. Daya dukung
Laboratorium Kimia Terhadap
Proses Pembelajaran Kimia
Pada SMA Rintisan Sekolah
Bertaraf Internasional (RSBI)
di Provinsi Bali. Tesis. (Tidak
Diterbitkan). Program Pasca
Sarjana Universitas Pendidikan
Ganesha.
Subagia, I W. 2011. Pendekatan
Struktur Sebagai Model
Pembelajaran Kimia. Jurnal
Pendidikan Kimia Indonesia.
Volume 1,nomor 1, April 2011,
hal.10-17
Sudria, I. B. N . & Siregar, M. 2008.
Pengembangan Rubrik Asesmen
Performan Keterampilan Dasar
Kimia Dalam Perkuliahan Kimia
Dasar.Tersedia :
http://www.freewebs.com/santyasa
/Lemlit/PDF_Files/PENDIDIKAN
/APRIL_2008/IBN_Sudria.pdf
(diakses pada 23 Maret 2010)
Sudria, I. B. N. & Sya’ban,S. 2008.
Pengembangan Rubrik Asesmen
Performan Keterampilan Dasar
Kimia Dalam Perkuliahan Kimia
Dasar. Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan. 2, 30-
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Bandung : Alfabeta
Suja, I W. 2006. Analisis Kebutuhan
Pengembangan Perangkat
Pembelajaran dan Penilaian
Keterampilan Proses Sains di SD
menuju Pelaksanaan Kurikulum
Berbasis Kompetensi. Jurnal
Pendidikan dan Pengajaran IKIP
Negeri Singaraja No. 1 TH.
XXXIX Januari 2006. Singaraja :
Undiksha.
Sukardi. 2008. Metodelogi Penelitian
Pendidikan. Jakarta : PT Bumi
Aksara.
Wiratama. I. G. L. 2003. Meningkatkan
Keterampilan Mahasiswa Dalam
Praktikum Kimia Analitik dengan
Model Belajar Resistasi Pra-
Laboratorium pada Mahasiswa
Program Studi Kimia STKIP
Singaraja. Jurnal Pendidikan dan
Pengajaran IKIP Negeri Singaraja
No. 1 TH. XXXVI Januari 2003.
Singaraja : Undiksha
Wiratini, Made & Suja, I W. 2007.
Meningkatkan Keterampilan
Proses Mahasiswa Melalui
Penugasan Membuat Prosedur
Praktikum Konsetual Pada Mata
Kuliah Kimia Dasar 1. Laporan
penelitian. Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Pendidikan Ganesha.
Yasa, I W. 2010. Tindakan guru dalam
pembelajaran sains berbasis
laboratorium (studi kasus di
smp negeri 1 seririt). Skripsi
(Tidak Diterbitkan).Fakultas
Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam Universitas
Pendidikan Ganesha.
Yuniantari, Putu. 2010. Implementasi
Perangkat Pembelajaran Berbasis
Masalah Untuk Meningkatkan
Keterampilan Proses Sains dan
Hasil Belajar Siswa. Skripsi
(Tidak Diterbitkan).Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan lam Universitas Pendidikan Ganesha.
DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v6i1.1596
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.