Development of Interactive Learning Media Based on a 2-Dimensional Virtual Laboratory on Electrochemical Materials
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Development of Learning Media Animated Building Materials Science Course in the Undergraduate Course of Engineering Education Building State University of Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9-18.
Fauziah, E. L., Nais, M. K., Kusrijadi, A., & Chaerunisa, H. N. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Laboratorium Virtual terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 12(1), 27-33. https://ejournal.upi.edu/index.php/JRPPK /article/view/69418
Harahap, L. K., & Siregar, A. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash cs6 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Kesetimbangan Kimia. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1910-1924. https://doi.org/10.26740/jpps.v1 0n1. p1910-1924
Hikmah, N., Saridewi, N. & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 2(2), https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/EduChemia/article/vie w/1608
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102, https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT /article/view/242
Ibrahim, I., Gunawan, G., & Kosim, K. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Discovery dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 214.
Ikhsan, J., Sugiyarto, K., & Astuti, T. (2020). Fostering Student’s Critical Thinking Through A Virtual Reality Laboratory. https://www.learnt echlib.org/p/2 16982/
Illahi, G. K., Siekkinen, M., Kämäräinen, T., & Ylä-Jääski, A. (2022). Real-Time Gaze Prediction in Virtual Reality. In Proceedings of the 14th International Workshop on Immersive Mixed and Virtual Environment Systems. Part of MMSys, 12-18, https://doi.org/10.1145/3534086.3534331
Kurniawati, I. D. & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Double Click: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), http://e-journal.unipma. ac.id/index.php/doubleclick
Lin, M. H., Chen, H. C. & Liu, K. S. (2017). A Study of The Effects of Digital Learning on Learning Motivation and Learning Outcome Eurasia. Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a
Mashami, RA, Ahmadi, A., & Hatimah, H. (2024). Pengaruh Laboratorium Virtual terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa pada Konsep Waktu Paruh. Hidrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 12 (3), 464-473. https://doi.org/10.33394/hjkk
Purba, N., Harun, AI, Ulfah, M., Enawaty, E., & Rasmawan, R. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Project Based Learning pada Materi Pemisahan Campuran di SMKN 7 Pontianak. Hidrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 12 (2), 256-281. https://doi.org/10.33394/hjkk.v12i2.10861
Putri, R M., & Arianingrum, R. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Basid Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Riset Pembelajaran Kimia, 9(2), 64-72. https://journal.student.uny.ac.id/jrpk/article/view/20733
Puspayanti, N. K. M., Santoso, D., Hadiprayitno, G., & Ilhamdi, M. L. (2023). Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Android dengan Aplikasi Adobe Animate untuk Pemahaman Konsep Sains Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 8 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 507-515. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1252
Ria, D. R. & Wahidy, A. (2020). Guru Kreatif Di Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang https://www.academia. edu/download/11 3649347/322573975.pdf.
Sari, D. A. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Inquiry pada Materi Elektrokimia terhadap Pemahaman Konseptual, Model Mental dan Sikap Siswa. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 137-150. https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i2.9178 .
Sutantri, N. (2022). Studi literatur: Kesulitan Siswa pada Pembelajaran Kimia SMA Topik Sel Volta. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 2(1), 111-116, http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v2i1.1624 .
Syahira, M., Anwar, L., & Holliwarni, B. (2020). Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) pada Pokok Bahasan Elektrokimia. Jurnal Pijar MIPA, 15(4).
Utami, L., Ilahi, D. P., & Ratih, A. (2024). Analisis Indeks Aiken untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Scinetific Habbits of Mind. Journal of Research and Education Chemistry, 6(1). https://journal.uir.ac.id/index.php/jrec/article/view /17430
Wibawanto, W. (2018). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Wina, S. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet e-4, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
Yulis, PR, & Fauziah, N. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Prototipe e-Modul Kimia Hijau Terintegrasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Hidrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 12(6), 1477-1495. https://doi.org/10.33394/hjkk.v12i6.13879
DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v13i1.14853
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.