Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dalam Membangun SDM Di Era Revolusi Industri 4.0

Muhammad Akbar Syafruddin, Ariana Asri

Abstract


Penulisan artikel ini untuk memberikan pemahaman dan sebagai penambah wawasan kepada masyarakat mengenai peranan pendidikan jasmani dan olahraga di era revolusi industri 4.0. Ketika masyarakat sangat bergelut dengan teknologi di dunia yang membawa perubahan signifikan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk ekonomi, dunia kerja, bahkan gaya hidup. Pendidikan jasmani dan olahraga telah menunjukkan kontribusinya terhadap pengembangan sumber daya manusia yang unggul sejak era prasejarah hingga era RI 4.0. Hal ini disebabkan oleh prinsip-prinsip kegiatan olahraga itu sendiri, yang telah diakui oleh seluruh dunia sebagai hal yang penting

Keywords


Pendidikan Jasmani, Olahraga, Revolusi Industri 4.0

References


Didin Wahidin. 2019. Kebijakan Kemenristekdikti Terkait Pengembangan Generasi Muda Di Era Revolusi Industri 4.0. Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa Kementeristekdikti, Disampaikan Dalam Seminar Forum Dekan Fik/Fok Bulan September 2019 Di Jakarta.

Dwiyogo, Wasis D. 2009. Olahraga dan Pembangunan. Malang: Wineka Media.

Dwiyogo, Wasis D., Toho Cholik Mutohir (ed). 2011. Dimensi Pedagogi Olahraga. Malang: Wineka Media.

Dwiyogo, Wasis D. 2010. Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

Gunadi, D. (2019). Peran Olahraga dan Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Karakter. Ilmiah SPIRIT, 18(3), 1–11.

Harsuki. 2003. Perkembangan Olahraga Terkini: Kajian Para Pakar. Jakarta: Devisi Buku Sport PT Rajagrafindo Persada

Hoye. Russell, Matthew Nicholson, Barrie Houlihan. 2010. Sport and Policy, Issues and Analysis. British: Elsevier Ltd.

Mutohir, Toho Cholik dan Ali Maksum. 2007. Sport Development Indeks, Alternatif Baru Mengukur Kemajuan Pembangunan Bidang Olahraga. (Konsep, Metodologi dan Aplikasi). Jakarta: PT INDEKS.

Mulyana, Y. (2020). Peran Sumber Daya Manusia (Sdm) / Generasi Muda Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0. Prismakom, 16(1), 36–46.

Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128

Pradipta, G. D. (2015). Sportivitas Dalam Keolahragaan Sebagai Bagian Pembentukan Generasi Muda dan Nasionalisme. Jurnal Ilmiah CIVIS, V(1), 713–724.

Rachman, T. (2018). Digitaslisasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Era 4.0 Dr. Silvy Juditya, M.Pd. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Raden, I., & Lampung, I. (2015). Pendidikan jasmani dalam membentuk etika, moral, dan karakter 302. 2(4), 302–315.

Suweta, I. M. (2019). Perguruan Tinggi Menyikapi Pembudayaan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1 (1), 1–8. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya/ article/view/184

UU No.3 tahun 2005 tentang sistem Keolahragaan Nasional

Yoda, I. K. (2020). Peran Olahraga Dalam Membangun Sdm Unggul Diera 4.0. Ika, 18(1), 1–22




DOI: https://doi.org/10.33394/gjpok.v9i2.6585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Gelora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.