Pengaruh Senam Kebugaran Jasmani Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini

Mariawati - Mariawati, Khairul Azmi, Nurhidayani Nurhidayani

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini merupakan suatu jenjang pendidikan yang berfungsi untuk mengembangkan setiap kemampuan anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun dengan menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik, dan menyenangkan. Berkaitan dengan hal tersebut kegiatan senam kebugaran bagi peserta didik TK Darma Wanita Montong Baan masih kurang maksimal dilakukan baik dari sisi kuantitas maupun kwalitas. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui berapa besar pengaruh senam kebugaran jasmani dalam mengoptimalkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (free experimental). Rancangan penelitian ini menggunakan free Eksperimental One Group Freetest Posttest design. Objek pada penelitian ini adalah siswa laki-laki TK Darma Wanita Montong Baan.

Teknik pengambilan data menggunakan instrumen yang diadopsi dari Yetty Meliputi aspek berlari dan langsung menendang bola, melompat, melambungkan bola dengan satu tangan dan menangkap bola dengan dua tangan, berjalan pada garis yang telah ditentukan, berjinjit dengan tangan dipinggul, menyentuh jari tanpa menekuk lutut dan mengayunkan kaki ke depan atau kebelakang tanpa kehilangan keseimbangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan hasil pretest dan posttest yaitu dengan menggunakan uji-t dalam SPSS disebut sebagai paired t-test. Sebelum dilakukan uji analisis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data dengan menggunakan uji Normalitas dan uji Homogenitas.

Hasil penelitian menunjukkan Nilai pada kondisi awal (pretest) jumlah nilai pada 18 siswa sebesar 157 dengan rata-rata sebesar 8.72, kemudian setelah diberikan treatment berupa senam kebugaran jasmani jumlai nilai meningkat menjadi 237 dengan rata-rata sebesar 13.17. sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan setelah diberikan perlakuan baik itu dengan dangan senam kebugaran jasmani. Sedangkan dengan menggunakan analisis uji T, diperoleh signifikansi sebesar 0,000 yang berdasarkan kriteria keputusan, bahwa terdapat pengaruh senam kebugaran jasmani terhadap motorik kasar anak

Keywords


senam kebugaran jasmani, motorik kasar

Full Text:

PDF

References


Decaprio, Ricahrd. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta: Divapress.

Istadi, I. (2006). Development of A Hybrid Artificial Neural Network ā€“ Genetic Algorithm for Modelling and Optimization of Dielectric-Barrier Discharge Plasma Reactor. PhD Thesis. Universiti Teknologi Malaysia

Jakrah. (2020). Efek Permainan Tradisional dan Senam Kebugaran Jasmani dalam Mengoptimalkan motorik Kasar anak. Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan, STITNU Al Mahsuni, 52-54

Komaini, anton. (2018). Kemampuan motorik anak usia dini. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Margono, Agus. (2009). Senam. Surakarta: UNS Pres

Odok, E.A., dkk. (2013). Effect of Motor Skills and Flexibility on Psychomotor Achievement of Secondary School Students in Physical Education in Calabar Municipality of Cross River State, Nigeria. Asian Journal of Education and e-Learning (ISSN: 2321 ā€“ 2454) M.E.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Suharsini Arikunto.(2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sujiono, Bambang, dkk. (2010). Metode Pengembangan Fisik , Cet. 5, Jakarta : Universitas Terbuka.

Sukadiyanto & Dangsina Muluk, (2011). Pengantar Teori Dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Lubuk Agung.

Sukandar, Rumidi. (2004). Metodologi penelitan petunjuk, praktik untuk peneliti pemula. Yogyakarta: Gadjah Mata University Press.

Suyadi. (2015). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional pasal 1.

Wiarto, Giri. (2015). Panduan Berolahraga Untuk Kesehatan dan Kebugaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.33394/gjpok.v9i2.6582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Gelora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.