PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM KETANGKASAN MENGGUNAKAN MEDIA KARDUS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan media kardus sebagai alat bantu dalam pembelajaran senam lompat kangkang pada siswa kelas V SDN Kedungwuluh VI Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus melibatkan penilaian aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kedungwuluh VI Purwokerto sebanyak 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan siswa dalam memahami dan melaksanakan teknik lompat kangkang. Pada aspek kognitif, sebanyak 67,57% siswa menunjukkan pemahaman yang baik terhadap gerakan senam, sementara aspek afektif dan psikomotorik juga mengalami peningkatan, masing-masing mencapai 51,35% dan 67,57% pada kategori baik. Penggunaan media kardus terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam konteks keterbatasan sarana dan prasarana. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi pendidikan jasmani di sekolah dasar, dengan menunjukkan bahwa alat bantu sederhana dapat meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media kardus sebagai solusi alternatif yang inovatif untuk mendukung pembelajaran fisik di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arum, A., Herawati, E., & Yulastri, L. (2023, Mei 3). Development of Poster Media Equipped with QRCode as a Tool for Skin Beauty Gymnastic Practice. Proceedings of the 4th Annual Conference of Engineering and Implementation on Vocational Education, ACEIVE 2022, 20 October 2022, Medan, North Sumatra, Indonesia. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.20-10-2022.2328835
Benedek, F. (2023). Study on the importance of gymnastics exercises in the development of children with special educational requirements. Știința Și Arta Mișcării, 16(2), 27. https://doi.org/10.4316/SAM.2023.0204
Damayanti, D. (2023). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Komunikasi Dalam Pengajaran Metode Pendidikan Tradisional Di Sekolah Dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208–219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130
Dukalang, H. H., & Lestari, D. D. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (Jtii), 3(1), 1. https://doi.org/10.30869/jtii.v3i1.179
Halilaj, B., Madić, D., & Sporiš, G. (2018). Gymnastics Skill Level and Fitness in Students Selected for Physical Education Programs/Razina Gimnastičkih Vještina I Tjelesne Kondicije Kod Učenika Odabranih Za Programe Tjelesnog Odgoja. Croatian Journal of Education - Hrvatski Časopis Za Odgoj I Obrazovanje, 20(3). https://doi.org/10.15516/cje.v20i3.2985
Hapid, A. (2023). Penggunaan Alat Termodofikasi Dalam Menumbuhkan Kompetensi Kognitif Dan Psikomotorik Siswa Pada Pembalajaran Lempar Cakram. Reflection Journal, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.36312/rj.v3i1.1311
Hutcheon, A. W. (2021). Impact of Technology Enhanced Video Feedback and Peer Evaluation on Gymnastic Performance in a Middle Years Program (MYP) International Baccalaureate Physical Education Class. Acpes Journal of Physical Education Sport and Health (Ajpesh), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.15294/ajpesh.v1i1.46294
Korkmaz, S. (2020). Reflections of Social Darwinism on Physical Education and Sports in the Early Turkish Republican Period. Journal of Educational Issues, 6(2), 336. https://doi.org/10.5296/jei.v6i2.17765
Made, M. A. W., Suwiwa, I. G., Bayu, W. I., & Estrella, E. O. (2023). ICT TPACK-Oriented of Floor Gymnastics Learning Media for Elementary School Students. Journal of Education Technology, 7(1), 34–44. https://doi.org/10.23887/jet.v7i1.57076
Mekić, R. (2024). Influence of Combined Teaching of Physical Education and Sports Gymnastics on the Anthropological Status of Elementary School Students. https://doi.org/10.5937/atavpa24008m
Mulyana, M. C. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa: Studi Kasus Di Indonesia Dan Malaysia. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.52188/ijpess.v4i1.501
Parta, L. P. S. W. K. Y. (2016). Pengaruh Model Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Dasar Senam Lantai Pada Mahasiswa Jurusan Penjaskesrek Undiksha. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 97. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8932
Polevoy, G. G. (2022). Development of Spatial Orientation of Children Aged 8-9 Years Using a Gymnastic Stick. International Journal of Pharmaceutical Research and Allied Sciences, 11(4), 134–139. https://doi.org/10.51847/bvpsnljliw
Prastowo, M. H. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Menggantung Dengan Menggunakan Alat Bantu Kotak Kardus. Syntax Idea, 3(3), 579–591. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i3.1096
Putra, R., Subakti, S., & Lahinda, J. (2024). TINGKAT KECEMASAN DAN MINAT DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK MATERI SENAM LANTAI DI SDN SATAP MANTAR. Gelora : Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP Mataram, 11(1), 193. https://doi.org/10.33394/gjpok.v11i1.11758
Ramos, A. Á., & Ramírez, L. V. (2020, September). Gender Differences in the Level of Achievement of Gymnastic and Acrobatic Skills. https://www.mdpi.com/1660-4601/17/19/7216
Ridwan, M. (2022). Effects of Interactive Media on Critical and Creative Thinking. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 7(2), 256–261. https://doi.org/10.17509/jpjo.v7i2.48676
Rudd, J., Barnett, L. M., Farrow, D., Berry, J., Borkoles, E., & Polman, R. (2017). The Impact of Gymnastics on Children’s Physical Self-Concept and Movement Skill Development in Primary Schools. Measurement in Physical Education and Exercise Science, 21(2), 92–100. https://doi.org/10.1080/1091367x.2016.1273225
Scott, H. (2023). Associations of ADHD-Risk and Motor Competence With School Functioning. Journal of Attention Disorders, 28(1), 31–42. https://doi.org/10.1177/10870547231197214
Setiawati, K. S., I Gusti Lanang Agung Parwata, & Suratmin, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Penjakora, 7(1), 17. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444
Sukmawati, N., Septaliza, D., Fikri, A., & Kesumawati, S. A. (2022). The Impact of ACIK Gymnastics on Physical Fitness in Elementary Schools. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.33369/jk.v6i4.25181
DOI: https://doi.org/10.33394/gjpok.v11i2.13069
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Gelora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.