PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DALAM PEMBELAJARAN PENJAS UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA PESERTA DIDIK SISWA KELAS X SMA NW KOPANG LOMBOK TENGAH TAHUN 2023

Nurul Hidayati, Muhammad Salabi, I Komang Adi Palgunaldi

Abstract


Kerjasama merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap individu siswa mampu sebagai manusia dalam kehidupannya. Berdasarkan hasil observasi awal mengenai kerjasama siswa di SMA NW Kopang Lombok Tengah terlihat sangat rendah yaitu 25,75% siswa masih kurang akan hal kerjasama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran penjas memberikan pengaruh terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran penjas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan instrumen lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA NW Kopang Lombok Tengah, dengan subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas X yang berjumlah 20 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran permainan penjas memberikan pengaruh terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran penjas pada siswa kelas X di SMA NW Kopang Lombok Tengah. Hasil analisis keterampilan bermain menunjukkan terjadinya kenaikan persentase dari observasi awal (25,75%) sampai tes siklus II tindakan II (84%). Tes kerjasama menunjukkan peningkatan persentase dari observasi awal (25,75%) sampai ke tes siklus II tindakan II (84%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran penjas dapat meningkatkan kerjasama siswa kelas X SMA NW Kopang Lombok Tengah

Keywords


kerjasama; TGT; pembelajaran Penjas

References


Adha, A., Rera, A., & Farisi, S. A. (2023). Analysis of the TGT Cooperative Learning Model in Physics Learning: In Terms of The Implementation of Procedures and Principles. International Journal of Education and Teaching Zone, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.57092/ijetz.v2i1.70

Afifatul, M. K., Ramadhan, N., & Priadana, B. W. (2023). Efforts To Improve Football Shooting Skills With The Teams Games Tournament (TGT) Method For Grade X-2 Students of SMA Negeri 2 Bojonegoro. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 15(3), 512. https://doi.org/10.26858/cjpko.v15i3.52547

Casey, A., & Goodyear, V. A. (2015). Can Cooperative Learning Achieve the Four Learning Outcomes of Physical Education? A Review of Literature. Quest, 67(1), 56–72. https://doi.org/10.1080/00336297.2014.984733

Chung;, M., & Phillips, D. A. (2002). The relationship between attitude toward physical—ProQuest. https://www.proquest.com/docview/233006766?sourcetype=Scholarly%20Journals

Erdal Demir. (2015). Students’ Evaluation of Professional Personality Competencies of Physical Education Teachers Working in High Schools. US-China Education Review A, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.17265/2161-623X/2015.02.008

Gazali, N. (2016). Pengaruh Metode Kooperatif dan Komando Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Sepakbola | Journal Sport Area. https://journal.uir.ac.id/index.php/JSP/article/view/373

Isbayani, N. S., Sulastri, M., & Tirtayani, L. A. (2015). PENERAPAN METODE OUTBOUND UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.6148

Lestari, S. E. C. A., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2785

Meha, A. M., Mbau, Y. W., & Foeh, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/jpb.v9i2.19078

Mulyani, R., Djumhana, N., & Syaripudin, T. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i2.14067

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), Article 2.

Nadrah, N., Tolla, I., Ali, M. S., & Muris, M. (2017). The Effect of Cooperative Learning Model of Teams Games Tournament (TGT) and Students’ Motivation toward Physics Learning Outcome. International Education Studies, 10(2), 123. https://doi.org/10.5539/ies.v10n2p123

Noor, M. (2018). PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i1.2329

Panggabean, J. H., Siregar, M. S. D., & Rajagukguk, J. (2021). The Effect of Teams Games Tournament (TGT) Method on Outcomes Learning and Conceptual Knowledge in Physics Science. Journal of Physics: Conference Series, 1819(1), 012047. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1819/1/012047

Sari, N., Ananda, R., & Fauziddin, M. (2023). Meningkatan Keterampilan Kerjasama Siswa Melalui Model Pemebelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1444

Sitzmann, T. (2011). A Meta-Analytic Examination of the Instructional Effectiveness of Computer-Based Simulation Games. Personnel Psychology, 64(2), Article 2. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.2011.01190.x

Suherman, A. (2016). PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN KETERAMPILAN BERMAIN BOLAVOLI | Suherman | Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. https://ejournal.upi.edu/index.php/penjas/article/view/2216

Susilawati, S., Fatmawati, R. A., & Afryaningsih, Y. (2023). The Effect of the Team Game Tournament Learning Model on the Science Learning Outcomes of Class VI Students at SD Negeri 47 Sungai Raya. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(4), Article 4. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i4.6343

Winarni, S., & Lutan, R. (2020). EMPHATY AND TOLERANCE IN PHYSICAL EDUCATION: COOPERATIVE VS. CLASSICAL LEARNING. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31851

Yusuf, F., Usman, H., Irfan, M., Aras, L., & Rahman, H. (2023). Cooperative of Team Games Tournament to Enhance Learning Outcomes in English Learning. Journey: Journal of English Language and Pedagogy, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.33503/journey.v6i1.2559




DOI: https://doi.org/10.33394/gjpok.v11i1.12813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Gelora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.