TINGKAT KECEMASAN DAN MINAT DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK MATERI SENAM LANTAI DI SDN SATAP MANTAR

Roni Putra, Subakti Subakti, Jori Lahinda

Abstract


Proses pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai komponen yang satu sama lain saling berinteraksi, dimana guru harus memanfaatkan komponen tersebut dalam proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang ingin direncanakan. Pembelajaran dalam materi senam lantai dapat dipengaruhi oleh tingkat kecemasan dan minat peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecemasan dan minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK materi senam lantai di SDN satap Mantar Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Subjek dalam penelitian ini IV dan V berjumlah 30 siswa. Teknik pemgambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner. Data dianalisi menggunakan statistik deskriptif dengan hasil data persentase. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tingkat kecemasan dalam kategori sangat tinggi 0 siswa (0%), kategori tinggi 8 siswa (27%), sedang 15 siswa (50%), rendah 6 siswa (20%), dan sangat rendah 1 siswa (3%). Minat siswa yang berkategori sangat tinggi sebanyak 1 siswa (3%), tinggi 5 siswa (17%), sedang 14 siswa (47%), rendah 9 siswa (30%), dan sangat rendah 1 siswa (3%). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tingkat kecemasan siswa termasuk dalam kategori sedang

Keywords


Pembelajaran PJOK, Senam Lantai, Tingkat Kecemasan, Minat

References


Abdurrahman, A., & Isyani, I. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Roll Depan Siswa Kelas VII Putra MTS Al-Ma’arif Mujur Kecamatan Praya Timur. Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran, 2(2), 64–76.

Andriyani, F. (2012). Dr. Olahraga Menjelaskan Senam Lantai. Pt Balai Pustaka (Persero).

Antoni, M. F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bidang Miring Terhadap Hasil Belajar Guling Belakang Dan Tingkat Kecemasan (Studi pada siswa kelas X SMAN 7 Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 7(2).

Arti, G. A. N. W., Kanca, I. N., & Suwiwa, I. G. (2017). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa Kelas Viii Dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Lenting. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 5(2).

Dela Eska Marwanti. (2021). Kurangnya Minat Peserta Didik Putri Kelas V Dalam Pembelajaran Loncat Kangkang Di Sd 1 Wijirejo Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dolong, J. (2016). Teknik Analisis Dalam Komponen Pembelajaran. Vol. V, Nomor, 2.

Fathurrozi, F., Triansyah, A., & Hidasari, F. P. (2020). Tingkat Kecemasan Peserta Didik Pada Pembelajaran Kayang Di Smp Islam Bawari Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(1).

Hasyim, N., Muhajir, S. P., & Suharto, S. P. (2022). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMA/SMK/MA dan sederajat Kelas XI. Elex Media Komputindo.

Karawang, M. A. N., Nuryanto, A., & Resita, C. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Senam Lantai Loncat Kangkang Pada Siswa Kelas X mengikuti pembelajaran Senam Lantai Loncat Kangkang di MA Negeri 2 siswa lebih menyukai suatu hal daripada hal lainnya , dapat pula dimanifestasikan subjek tersebut. A. 2, 1–7.

Marwanti, D. E. (2021). Kurangnya Minat Peserta Didik Putri Kelas V Dalam Pembelajaran Loncat Kangkang Di Sd 1 Wijirejo Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul [Skripsi, Fakultas Ilmu Keolahragaan]. https://eprints.uny.ac.id/68464/

Maulana, M., Ismaya, B., & Hidayat, A. S. (2020). Minat Siswi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam Lantai Sman 1 Cikampek. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1).

Muliani, R. D. M. R. D., & Arusman, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139.

Naranjo, J., Fuad, H., Hakim, Z., Panchadria, P. A., Robbi, M. S., Yulianti, Y., Susanti, E., Sholeh, M., Teuku Fadjar Shadek, R. S., Kamil Arif, I., Gunadhi, E., Partono, P., Sampieri, R. H., & Pariyatin, Y. (2016). Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smp Negeri 2 Tempel Kab. Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Algoritma, 12(1), 579–587.

Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59–75.

Nova, P., Gani, R. A., & Julianti, R. R. (2021). Tingkat Kecemasan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Telagasari dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menghadapi Pertemuan Tatap Muka di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5), 292–300.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137.

Putra, S. W., & Komarudin, K. (2019). Tingkat Kecemasan dan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas Khusus Olahraga Cabang Sepakbola di SMA Negeri 4 Yogyakarta. PGSD Penjaskes, 8(6).

Rohmansyah, N. A. (2017). Kecemasan Dalam Olahraga. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1), 44–60.

Safitri, A. N. (2021). Tingkat Kecemasan Peserta Didik Kelas V Dalam Pembelajaran Senam Lantai Di Sd Negeri Bangunjiwo [Skripsi, Fakultas Ilmu Keolahragaan]. https://eprints.uny.ac.id/65507/

Safrian, R. (2022). Analisis Tingkat Keterampilan Teknik Dasar Forehand Dan Backhand, Untuk Akurasi Servis Dalam Olahraga Tenis Meja Pada Siswa Sma Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 3(2).

Setiawan, Y. A., Abduloh, A., & Nasution, H. N. S. (2021). Minat Siswa dalam Pembelajaran Penjas pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 1 Telukjambe Barat Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5), 301–309.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Suhada, S., Gustiawati, R., & Abduloh, A. (2021). Analisis Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Dari Rumah Di SMA/SMK Kecamatan Cibuaya. Jurnal Patriot, 3(4), Article 4. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i4.814

Trygu. (2021). Teori Motivasi Abraham H. Maslow dan Hubungannya Dengan Minat Belajar Matematika Siswa. Guepedia.

Utama, A. (2020). Psikologi Olahraga. Edited by A. Utama. Guepedia.

Widowati, A., & Rasyono, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Senam Lantai Untuk Pembelajaran Senam Dasar Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Jambi. Jurnal Segar, 7(1), 11–20.




DOI: https://doi.org/10.33394/gjpok.v11i1.11758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Gelora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.