PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK

Mardiah Astuti, Mutyati Mutyati, Putri Handayani, Rika Rahmawati, Nor`aini Nor`aini, Dinda Puspita

Abstract


Artikel ini membahas tentang peran orang tua dalam perkembangan psikologi anak di SDN 25 Palembang, yang difokuskan pada siswa kelas VI. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan teknik pemeriksaan data yakni dengan triangulasi, yang terdiri dari triangulasi waktu, sumber dan metode. Berdasarkan hasil dan pembahasan bahwa Semua orang tua memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan psikologi anak mereka, dan peran yang mereka mainkan dapat membentuk kepribadian, kesejahteraan emosional, serta kemampuan sosial anak-anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengambil tanggung jawab ini dengan serius dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan positif anak-anak mereka. Secara keseluruhan, pemahaman orang tua dalam proses belajar anak dapat memiliki dampak besar pada prestasi akademis, perkembangan keterampilan, dan kesejahteraan baik di lingkungan pendidikan maupun emosional anak-anak mereka. Karena itu, kolaborasi yang efektif dan komunikasi yang terbuka antara orang tua dan sekolah menjadi sangat penting untuk mendukung kemajuan anak-anak.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, T., Wulandari, A., Bella, H. S., Anggraini, T. W., & Fetriasih, R. (2023). Dampak lingkungan sosial terhadap perkembangan psikologi anak. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(4), 216-225.

Dina Kartika, Myrnawati Handayani, and Zarina Akbar. "Pengaruh media pembelajaran dan motivasi diri terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4.2 (2020): 649-657.

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri seorang anak dari usia dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40.

Gainau, M. B. (2021). Psikologi anak. PT Kanisius.

Hasanah, U. (2020). Pengaruh perceraian orangtua bagi psikologis anak. Agenda: Jurnal Analisis Gender dan Agama, 2(1), 18-24.

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214-224.

Irmayanti, N., Pranajaya, S. A., Lodo, R. Y., Haluti, F., Hariyani, F., Ningsih, D. R., ... & Uce, L. (2023). Psikologi Anak. Global Eksekutif Teknologi.

Khotimah, D. N. (2019). Implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui kegiatan 5s di sekolah dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).

Kulsum, U. (2021). Peran psikologi pendidikan bagi pembelajaran. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 100-121.

Kulsum, Umi. "Psikologi Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini." Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman 7.02 (2021): 184-198.

Kurniawati, A. I. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Pada Kegiatan Belajar di Rumah di TK X. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 69-74.

Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101-112.

Lenggu, N. (2023). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Spiritual Anak. Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi, 1(1), 153-164.

Moloeng, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Remaja Rosdakarya.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

PUCHE‐NAVARRO, REBECA. “Lelucon grafis dan pikiran anak-anak: Cara yang tidak biasa untuk mendekati aktivitas representasi anak-anak”. Jurnal Psikologi Skandinavia Vol 45. No. 4. hlm. 343-355.

Rahmadi, H., et al. Psikologi pendidikan. LovRinz Publishing, 2023.

Rahmat, P. S. (2021). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syahrizal, I., Sitompul, H. S., Hajar, A., Widodo, H., Damanik, B., Hasriani, G., ... & Nadirah, S. (2022). Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar (Sd). Get Press.

WARNI, W. (2018). Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Anak Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Kelas Iv Di Sd Negeri 4 Krebet Jambon Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif model Spradley (etnografi).

Wirabumi, R. (2020, October). Metode Pembelajaran Ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113).




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.9186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.