Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber dan Media Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Tanah Jawa

Sunggul Gultom, Anggiat Sinurat, Ease Arent

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui peranan internet sebagai media belajar di SMA Negeri 1 Tanah Jawa. Dalam hal ini teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah metode wawancara dan observasi. Dari hasil wawancara dan obeservasi diperoleh hasil bahwa peranan internet dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 1 Tanah Jawa sangat bermanfaat dimana pembelajaran berjalan dengan baik dan memiliki interaksi antara guru dengan murid pada saat berjalannya pembelajaran. Guru dan murid saling mengembangkan potensi yang dimiliki dalam mengembangkan potensi murid, guru menyiapkan berbagai aplikasi belajar yaitu aplikasi google classroom, google form, wordwall, quizizi, youtube, video. Murid mampu mengembangkan potensinya pada saat guru menagih hasil belajar dengan membuat, mengedit video belajar dan dipublikasikan ke youtube, sehingga mereka terbantu dalam proses pembelajaran. Dengan cara seperti itu murid termotivasi serta berlomba untuk mengembangkan kreatifitas dan kemauan belajar murid untuk mandiri tercapai. Pemanfaat internet mempermudah dan memperluas serta menciptakan peluang kepada guru dan murid mampu berinteraksi dalam mencapai profil pelajar Pancasila secara kontiniu, konvergen, konsentris bagi murid dan guru. Pemanfaatan media internet telah digunakan pada saat covid 19 guru dan murid telah dipicu aktif dalam pembelajaran daring dan offline demi terciptanya pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdussakir, A. (2012). PEMBELAJARAN GEOMETRI SESUAI TEORI VAN HIELE. MADRASAH, 2(1). https://doi.org/10.18860/jt.v2i1.1832

Adawiah, R. (2021). Radiatul Adawiah KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 9(2), 167–172. https://doi.org/10.33659/cip.v9i2.199

Agustina, D. K. (2018). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DALAM MEMBUAT KONSEP PEMBELAJARAN IPA TERPADU SMP/MTs. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 10(1), 17–34. https://doi.org/10.30957/konstruk.v10i1.452

Artati, Y., -, T., & -, S. (2016). HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER III PRODI DIII KEBIDANAN SUTOMO SURABAYA. SAINTEKBU, 3(1). https://doi.org/10.32764/saintekbu.v3i1.43

Atikah, R.-, Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL PETIK, 7(1), 7–18. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988

Azzahra, A. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MELALUI DARING SECARA KREATIF DAN INOVATIF DI MASA PANDEMI COVID-19. Query date: 2023-04-04 01:44:00. https://doi.org/10.31219/osf.io/h8e2f

Benty, D. D. N., Mustiningsih, M., & Hapsari, A. (2022). Karakteristik Kepemimpinan Pembelajaran Era Digital dan Pemecahan Masalah Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(4), 309–316. https://doi.org/10.17977/um027v5i42022p309

Budiutomo, T. W. (2015). PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR. Academy of Education Journal, 6(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v6i1.125

Conny, C. (2021). KEMUDAHAN APLIKASI GOOGLE FORM SELAMA PROSES PEMBELAJARAN SISWA MASA PANDEMI COVID 19. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 45–50. https://doi.org/10.33366/ilg.v4i1.2502

Daryani. (2021). Peran Guru dalam Media Pembelajaran Grup WhatsApp di Masa Pandemi Covid 19. Query date: 2023-04-04 01:44:00. https://doi.org/10.31219/osf.io/mdsr9

Eryani, E. W., & Febrianto, F. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(1), 8–13. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i1.16286

Firmansyah, H., & Chalimi, I. R. (2021). Urgensi dan Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(5), 4053–4063. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1483

Jamaah, J. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Home visit di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i1.74

Jelahut, F. E. (2022). Aneka Teori Dan Jenis Penelitian Kualitatif. Query date: 2022-09-10 10:31:55. https://doi.org/10.31219/osf.io/ymzqp




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.