INOVASI PELAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA
Abstract
Abstract: This study aims to determine library services in increasing students' interest in reading and designing innovative child-friendly school library services at SD Negeri 4 Taliwang. The research was carried out using a descriptive type of research with a qualitative approach aiming to be able to explore, describe and explain aspects of the role of child-friendly school library services in increasing demand for reading. Data collection techniques were carried out through observation techniques which were carried out by observing and directly recording the activities in the library, interviews were used so that the information obtained was more in-depth and devoted to school principals, teacher representatives, and librarians, while the questionnaire in this study aimed to get an overview of class teacher perceptions of the SD Negeri 4 Taliwang library. Data analysis techniques in qualitative research are applied when data collection is carried out in certain periods including data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Innovation activities carried out at the library have a positive impact on the school and library visitors. Improvement of services and facilities requires cooperation from various parties, especially the school community.
Key Words: Innovation, Service, Child Friendly, Interest in Reading
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik serta merancang inovasi pelayanan perpustakaan sekolah ramah anak di SD Negeri 4 Taliwang. Penelitian yang dilakukan menggunakanjenis penelitian secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif bertujuan agar dapat mendalami, menggambarkan dan menjelaskan aspek-aspek peranan pelayanan perpustakaan sekolah ramah anak dalam meningkatkan minta baca.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Teknik observasi yang dilakukan dengan mengamati dan mencatat secara langsung kegiatan-kegiatan yang ada di Perpustakaan, wawancara digunakan agar informasi yang didapatkan lebih mendalam dikhususkan ke kepala sekolah, perwakilan guru, dan pustakawan, sedangkan angket dalam penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai persepsi guru kelas terhadap perpustakaan SD Negeri 4 Taliwang. Teknik analisis data pada penelitian kualitatif diaplikasikan saat pengumpulan data dilakukan dalam periode tertentu diantaranya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Kegiatan inovasi yang dilakukan pada perpustakaan memberikan dampak yang positif bagi pihak sekolah dan pengunjung perpustakaan. Perbaikan pelayanan dan fasilitas memerlukan kerjasama dari berbagai pihak terutama masyarakat sekolah.
Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan, Ramah anak, Minat Baca
Full Text:
PDFReferences
Afian, T., & Saputra, R. D. A. (2021). Inovasi Fasilitas Perpustakaan Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 9(1), 6. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4083
Akbar, A., Usmar, T., Agusalim, A., Ali, A. M., & Nasrullah, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1725–1734. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/909
Akhmadi, Nurbani, R. I., Solihah, P., & Rahman, F. (2020). Studi Diagnostil Pembelajaran Pendidikan Dasar di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. The SMERU Research Institute. www.smeru.or.id.
Ardiansyah. (2020). Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Teja Barat 1 Pamekasan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Innayah, I. innayah. (2018). Streaming Radio Edukasi: Memfasilitasi Masyarakat Mengedukasi Diri. Jurnal Teknodik, 135. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i2.285
Muhtadien, S., & Krismayani, I. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Kunjung Siswa Ke Perpustakaan SMAN 2 Mranggen. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 341–350. https://doi.org/1
Mustika, P., & Rahmah, E. (2015). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Perpustakaan Terhadap Minat Kunjungan Siswa Smp N 1 Batang Anai. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 4(1), 305–314. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/viewFile/6174/4798
Nashruddin, M. (2016). Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V Dan VI SDIT Al Kautsar Muhajirin. Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V Dan VI SDIT Al Kautsar Muhajirin, 3(1), 166–180. https://doi.org/10.36088/PALAPA.V3I1.757
Novriliam, R., & Yunaldi. (2012). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 23 Painan Utara. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 141–150. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/499
Rahayu, L. T. I. (2016). Hubungan Minat Membaca dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Materi Menulis Karangan Pada Warga Belajar Kejar Paket C Di PKBM Al-Firdauz Kabupaten Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(2), 188–201. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/757
Rahman, Z. A. (2020). Inovasi Layanan Di Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 7, 1–15.
Suryani, I. (2017). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 292–309. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6812
Yana, D. (2011). Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya Pekanbaru. In Skripsi. Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Yusuf, M., & Suhendar, Y. (2005). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Kencana.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7533
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.