PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI DEBAT MELALUI PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) PADA SISWA KELAS X-2 SMAN 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menguraikan upaya dan hasil pembelajaran Debat melalui peer teaching (tutor sebaya) pada siswa kelas X-2 SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif pada proses dan hasil pembelajaran. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran menggunakan peer teaching (tutor sebaya) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X-2 SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Hal tersebut terlihat dari persentase aktivitas belajar siswa sebesar 66,67% pada siklus I dengan kategori cukup aktif, meningkat menjadi 88,89% pada siklus II dengan kategori sangat aktif. (2) Pembelajaran dengan peer teaching (tutor sebaya) juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2 SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2022/2023 pada materi Debat. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata hasil belajar siswa yaitu 67,5 pada prasiklus menjadi 78,97 pada siklus I dan 82,47 pada siklus II. Persentase ketuntasan kelasikal meningkat dari 47% pada prasiklus menjadi 72,22% pada siklus I dan 88,89 pada siklus II.
Kata kunci : peer teaching, aktivitas, prestasi belajar, pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Benny, A. 2019. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah Syaiful Bachri, dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Lubis, Joharis. 2010. Seminar. Bandung: Citapusta Media Perintis.
Mulyasa. 2009. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Rosdakarya.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinekacipta.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya.
Suherman & Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suherwin, Muhammad Zein Iqbal dan Herly Dayanti. 2020. Pembelajaran Debat. Jakarta: Guapenda.
Taniredja, Tukiran, Efi Miftah Faridli, Sri Harmianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Winataputra, Udin S. 1999. Pendekatan Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Yamin, Martimis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7509
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.