PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA SISWA

Ani Endriani, Rohana Komala Sari

Abstract


Bimbingan kelompok di sekolah merupakan salah satu jenis layanan yang dapat
mengurangi perilaku agresif siswa. Melalui kegiatan bimbingan kelompok siswa akan
mendapatkan berbagai informasi melalui suatu dinamika kelompok, yang secara langsung
memberikan pengalaman di dalam dirinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
Apakah Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa
Kelas XI IPS SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Sehingga tujuan yang diperoleh
dalam penelitian ini adalah : ingin mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran
2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one
group pre-test post-test. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
berupa angket sebagai metode pokok sedangkan, wawancara, dokumentasi dan observasi
sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan rumus t-test. Bedasarkan hasil analisis
data dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh hasil penelitian yaitu nilai t-hitung lebih besar
dari nilai t-tabel (t-hitung 5,360 > t-tabel 2,045) kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai thitung
yang diperoleh adalah signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif
(Ha) yang berbunyi: Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku agresif
pada siswa kelas XI IPS di SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016 diterima.
Berdasarkan analisis data yang disimpulkan diatas, dilihat dari pengujian hipotesis, maka Ada
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas XI
IPS SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Perilaku Agresif


Full Text:

PDF

References


Dayakisni, Tri & Hudaniah. 2012. Psikologi

Sosial. Malang: UMM Press.

Hartinah, Siti. 2009. Konsep Dasar

Bimbingan Kelompok. Bandung: PT

Refika Aditama.

Mahmudah, Siti. 2012. Psikologi Sosial:

Teori dan Model Penelitian. Malang:

UIN-MALIKI PRESS.

Nurihsan, 2010. Bimbingan dan Konseling

Dalam Berbagai Latar Kehidupan.

Bandung: PT Refika Aditama

Nurihsan. dkk, 2012. Strategi Layanan

Bimbingan dan Konseling. Bandung:

Refika Aditama.

Prayitno, 1992. Layanan Bimbingan dan

Konseling Kelompok (Dasar dan

Profil), Jakarta : Ghalia Indonesia.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan

Pendukung Konseling. Padang:

Universitas Negeri Padang.

Rahman, Agus Abdul. 2013. Psikologi

Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu

dan Pengetahuan Empirik. Jakarta:

PT. RajaGrafindo Persada.

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar

Pelaksanaan Program Bimbingan dan

Konseling Disekolah. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013: Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan

Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D).

Bandung: Alfabeta.

Tohirin, 2007. Bimbingan Dan Konseling Di

Sekolah Dan Madrasah (Berbasis

Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

UU RI No. 20, 2003, System Pendidikan

Nasional, Jakarta : Depdiknas.

Yulianto, Herman. 2015. Mau Sehat ?

Hilangkan Sikap Burukmu!. Yogyakarta:

Saufa.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v1i1.731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.