EVALUASI KINERJA DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU (Sebuah Studi Pustaka)
Abstract
Guru sebagai pendidik merupakan ujung tombak dan komponen yang paling
menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat
perhatian sentral, pertama, dan utama. Figur yang satu ini akan senantiasa menjadi
sorotan strategis ketika berbicara masalah pendidikan, karena guru selalu terkait
dengan komponen manapun dalam sistem pendidikan. Guru sangat menentukan
keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar-mengajar.
Muncul sebuah pertanyaan, mengapa peningkatan profesionalisme guru tidak
dilakukan secara sungguh-sungguh? Padahal, guru professional akan menghasilkan
proses dan hasil pendidikan yang berkualitas dalam rangka mewujudkan manusia
Indonesia yang cerdas dan kompetitif, sebagai diamanatkan dalam Undang-undang
Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas). Salah satu upaya yang dilakukan sekolah
dalam mendukung profesionalisme guru adalah evaluasi kinerja sehingga tercapainya
sekolah yang efektif.
Kata-kata kunci: evaluasi, kinerja, profesionalisme, guru.
Full Text:
PDFReferences
Akhmadsudrajat. 2008. Konsep Penilaian
Kinerja Guru. (Error! Hyperlink
reference not valid.).
Aleamoni, L.M. (1981). Student ratings of
instruction. In J. Millman (Ed.),
Handbook of teacher evaluation
(pp. 110-145). Beverly Hills, CA:
Sage.
Depdiknas, 2007. Manajemen Sekolah.
Jakarta: Pusdiklat Depdiknas.
Jennifer M. George, Gareth, R. Jones.
Understanding and Managing
Organizational Behavior. New Jersy:
Pearson Education, Inc., Prentice Hall.
Michael, Armstrong. 2007. Employee
Reward Management And Practice
Second Edition. USA: Kogan Page
London and Philadelphia.
Mulyasa, E. 2008. Manajemen Berbasis
Sekolah. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Peterson, Ken & Kauchak, Don. 1982.
Teacher Evaluation : Perspectives,
Practices, and Promises.
Washington, D.C. : ERIC
Clearinghouse.
Robbins, P. S. 2006. Perilaku Organisasi.
PT. Indeks Kelompok Gramedia.
(Terjemahan: Organizational
Behavior, Tenth Edition by
Prentice-Hall. 2003).
Sagala, S. 2002. Administrasi Pendidikan
Kontemporer. Bandung : CV.
Alfabeta.
Sagala, S. 2009. Manajemen Strategik
Dalam Peningkatan Mutu
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudarwan, Danim. 2002. Inovasi
Pendidikan dalam Upaya
Peningkatan Profesionalisme
Tenaga Kepandidikan.
Bandung: CV Pustaka Setia.
Undang Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
Jakarta: Fokus Media.
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 14 Tahun 2005 Tentang
Guru dan Dosen. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v1i1.628
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.