LINK AND MATCH TABEL PUNET KANCING GENETIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PEWARISAN SIFAT SISWA KELAS IX.B SMP NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN 2021
Abstract
Abstract: This research was conducted at SMP Negeri 1 Gunungsari, with the purposeto finding out the Link And Match of TablePunetkancinggenetika can make it easier for students to understand and improve their learned outcomes in the inheritance of living things. This type of research is classroom action research (CAR), which is carried out in two cycles, and each cycle is carried out in several stages that’s is, planning, implementing, observing and reflecting. Data from this researchis study from student’s learning activities and student learning outcomes. Data results from this research showed that using a punet table linked with genetic buttons, effectively improved the science learning outcomes of class IX.B Students on the subject of the law of inheritance of traits. this can be seen from the learning outcomes students from cycle I and cycle II with an average value of 67, 06 in the first cycle and the average value of 75.63 in the second cycle or an increase of 8.57. And the learning completeness from the first cycle was 45.16% and increased to 87.10% in the second cycle. And the increase in student achievement through the N-Gain test is 0.62 with moderate criteria. It can be concluded that learning activities using Link and Match between Punet Tables with Genetic Buttons can improve student learning outcomes in class IX.B SMP Negeri 1 Gunungsari.
Key Words: Link and Match, Tabel Punet, Kancing Genetika.
Abstrak: Penelitian ini dilaksanan di SMP Negeri 1 Gunungsari, Dengan tujuan Link And Match Tabel Punet Kancing Genetika dapat memudahkan siswa dalam memahami dan meningkatkan hasil belajarnya pada materihukumpewarisanmakhlukhidup.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus, dan setiap siklus dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data hasil pada penelitian ini adalah kegiatan belajar siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunkan table punet yang dilinkkan dengan kancing genetika, efektif meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas IX.B pada materi Hukum pewarisan sifat. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II dengan nilai rata-rata 67,06 pada siklus I dan nilai rata-rata sebesar 75,63 pada siklus II atau naik sebesar 8,57. Dan ketuntasan belajar dari siklus I sebesar 45,16 % naik menjadi 87,10 % pada siklus II. Dan peningkatan prestasi belajar siswa melalui uji N-Gain yaitu sebesar 0,62 dengan kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar dengan menggunakan Link and Match antara Tabel Punet dengan Kancing Genetika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX.B SMP Negeri 1 Gunungsari.
Kata Kunci: Link and Match, Tabel Punet, Kancing Genetika.
Full Text:
PDFReferences
Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70-77.
Widayati, A. (2004). Metode mengajar sebagai strategi dalam mencapai tujuan belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(1).
Ardiyawati, D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Teknik Bangunan SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2014–2015.
Budiati, H. (2010). Perbedaan Hasil Belajar Sistem Gerak pada Tumbuhan Menggunakan Media Permainan Link And Match dengan Pembelajaran Multi Model Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Surakarta. In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 7, No. 1).
Budiati, Herni. 2013. “Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS.” : 1–10.
Budiati, H. (2013, October). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Secara Terpadu Dengan Permainan Kartu Link And Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII F SMPN 22 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 10, No. 2).
Djamarah, Syaiful Bahri. 2013 Strategi Belajar mengajar. Cet. kelima, Jakarta:Rineka Cipta
Hasbullah, H., Juhji, J., & Maksum, A. (2019). Strategi belajar mengajar dalam upaya peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17-24.
Jubaedah, Y. (2015). Model link and match dengan pendekatan competency based training pada pembelajaran tata graha di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1).
Nana Sudjana. (1996). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Nasution, S. (1987).Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Poerwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.
Santiasih, N. L. (2013). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar ipa siswa kelas v sd no. 1 kerobokan kecamatan kuta utara kabupaten badung tahun pelajaran 2013/2014. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–11.
Sardiman, A M. (1992). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Situmorang, M. V., Purba, N., & Gultom, B. T. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match (MAM) dalam Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Sistem Ekskresi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4041-4048.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007).Statistik Untuk Penelitian.CV.Alfabeta,Bandung.
Winkel WS. (1997).Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v10i2.6175
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.