ANALISIS KINERJA GURU MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR 44 MATARAM

M Chairul Anam

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru menggunakan teknologi informasi dalam pembelajaran di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah pendahuluan, lapangan dan analisis data. Sumber data seluruhnya adalah 8 orang di SDN 44 Mataram, 3 guru laki-laki dan 5 guru perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Lembar analisis dan lembar observasi kinerja guru dijadikan sebagai alat penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru untuk mengintegrasikan laptop, internet dan Infocus di pendidikan dasar berada pada tingkat menengah. Sebagian besar guru sudah memahami penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran dan dapat merancang presentasi dan menampilkan materi pembelajaran dengan mudah, tetapi mereka juga menggunakan teknologi informasi untuk mengembangkan media pembelajaran dan merancang pembelajaran online.Keterampilan menggunakan fungsi-fungsi masih rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan guru dalam menggunakan teknologi informasi dalam pembelajaran di sekolah dasar berada pada kategori sedang. Mengembangkan media pembelajaran dan meningkatkan keterampilan  dalam menggunakan fitur desain pembelajaran online memerlukan bimbingan dan dukungan ahli.

Kata kunci: Guru; Keterampilan; Pembelajaran; Sekolah dasar; Teknologi informasi.

Abstract: This study aims to describe the skills of teachers using information technology in learning in elementary schools. The research method used is descriptive qualitative research method with preliminary steps, field and data analysis. Sources of data are 8 people at SDN 44 Mataram, 3 male teachers and 5 female teachers. The data collection technique used is observation. The analysis sheet and the teacher's performance observation sheet were used as research tools. The data analysis technique was carried out using qualitative data analysis techniques. The results showed that the teacher's skills in integrating laptops, internet and Infocus in basic education were at the secondary level. Most teachers already understand the use of information technology in learning and can design presentations and display learning materials easily, but they also use information technology to develop learning media and design online learning. Skills in using functions are still low. The conclusion of this study is that the skills of teachers in using information technology in learning in elementary schools are in the medium category. Developing learning media and improving skills in using online learning design features requires expert guidance and support.

Keywords: Teachers; Skills; Learning; Elementary school; Information technology.


Full Text:

PDF

References


Adlin. (2019). Analisis Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Imajinasi, 3(2), 30–35.

Amalia, I. (2020). Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Pendidikan DanKonseling,

Anggraeny, D., Nurlaili, D., A., & Mufidah, R., A. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar,

Chan, F., Sofwan, M., & Saragih, E., D.(2020). Kemampuan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar. Edumaspul Jurnal Pendidikan.

Dewi, S., Z., & Hilman, I. (2019).Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education.

Dhori, M., Moqowim, & Nurhayati, T. (2021). Analisis Penggunaan TIK dengan Aplikasi dalam Pembelajaran Daring di SDN 17 Kayuagung. Equilibrium: Jurnal Pendidikan.

Dzaky, S., Z., A., Badarudin, & Muslim, A., H. (2021). Analisis Kompetensi Guru dalam Penguasaan TeknologiInformasi dan Komunikasi pada Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 2 Purbalingga Lor. SEJ (School Education Journal).

Kalimah, S., Wijayanto, A., & Maryono. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan MutuPembelajaran Peserta Didik Sekolah Dasar pada Era New Normal. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v10i1.6082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.