MANAJEMEN PERPUSTAKAAN MODERN DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Agus Fahmi

Abstract


Abstract: The learning process is the tendency of a person's heart in an individual's efforts to obtain a new behavior change. The purpose of this study was to find out: "The relationship between Library Administration and the Smoothness of the Learning Process at MA Darul Qur'an Wal Hadith Telaga Lebur Sekotong Tengah, West Lombok Regency, Academic Year 2020/2021". The research method uses quantitative. The data collection technique used the questionnaire method as the main method and the documentation method as well as the observation method as a complementary method. The data analysis method used the statistical test method according to the sample t-test. Based on the 5% significance level with N = 32, it turns out that the null hypothesis rejection limit stated in the table of r product moment values is 0.34. While the rxy value obtained in this study was 0.45. This fact shows that the rxy value obtained in this study is above the null hypothesis rejection limit (h0), namely (0.45 > 0.34), this means that the rxy value obtained in this study is "Significant". Thus, it means that the null hypothesis (h0) is rejected while the alternative hypothesis (ha) is accepted. This research belongs to the medium category. Teachers should always improve their teaching competence through existing facilities and infrastructure in schools, especially in the library so that the teaching and learning process is carried out better so that the quality of education in schools is increasing.
Keywords: Modern Library Management, Learning Process

Abstrak: Proses belajar adalah kecenderungan hati seseorang dalam usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru. Tujuan dalam penelitian ini ingin mengetahui ada: “Hubungan antara Administrasi Perpustakaan dengan Kelancaran Proses Pembelajaran di MA Darul Qur’an Wal Hadist Telaga Lebur Sekotong Tengah Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2020/2021”. Metode penelitian menggunakan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai meode pokok dan metode dokumentasi serta metode observasi sebagai metode pelengkap. Metode analisis data menggunakan Metode Statistik uji sesuai dengan Sampel t-test. Berdasarkan taraf signifikansi 5% dengan N = 32, ternyata angka batas penolakan hipotesis nihil yang dinyatakan dalam tabel nilai-nilai r product moment adalah 0,34. Sedangkan nilai rxy yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0,45. Kenyataan ini menunjukan bahwa nilai rxy yang diperoleh dalam penelitian ini berada di atas angka batas penolakan hipotesis nihil (h0) yaitu (0,45 > 0,34), hal ini berarti nilai rxy yang diperoleh dalam penelitian ini adalah “Signifikan”. Dengan demikian berarti hipotesis nihil (h0) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (ha) diterima. Penelitian ini termasuk kategori sedang. Kepada para guru agar terus selalu meningkatkan kompetensi mengajar melalui sarana dan prasaran yang ada di sekolah, khususnya di dalam perpustakaan agar proses belajar mengajar yang dilaksanakan semakin baik sehingga mutu pendidikan disekolah semakin meningkat.


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Fahmi, Agus. 2018. Implikasi Pelaksanaan Pendidikan Prakarya dengan Prestasi Belajar. Mataram: Jurnal Visionary Vol.6 No. 1 (2018).

Ibrahim, R. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Lasa Hs. 2013. Manajemen Perpustakaan Sekolah/Madrsah. Yogyakarta: Ombak.

Masyhuri dan Zainuddin, (2011). Metode Penelitian-Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung: PT Refika Aditama.

Monalisa, dkk. 2017. Manajemen Perpustakaan Sekolah SMAN 1 Curup Kab. Rejang Lebong. Vol. 11 Nomer 3 hal. 282-286 ISSN: 1979-732X

Narbuko cholid. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Siagian, Sondang P. (2001), Administrasi Pembangunan : Konsep, Dimensi dan Strategi. Bina Aksara, Jakarta.

Saleh, Abdul Rahman. 2010. Membangun Perpustakaan Digital. Jakarta: CV Sagung Seto.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suherman. 2009. Perpustakaan sebagai Jantung Sekolah. Bandung: MQS Publishing.

Sutama. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v10i1.5118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.