RESILIENSI DAN INOVASI UMKM SEBAGAI PENGGERAK PEMULIHAN EKONOMI

Ahdi Topan Sofyan

Abstract


Abstract: The purpose of the study was to describe the benefits of the importance of resilience and innovation for strengthening MSMEs, to find out the stages, processes and requirements of innovation that are beneficial for the development of MSMEs in West Sumbawa Regency. This research is a qualitative descriptive study with interviews and as a data collection method. In this study, researchers used the SWOT analysis method. The results of this study indicate that the inhibiting factors faced in economic downturn are by utilizing the vast potential of the environment as an extraordinary potential as a material capable of producing quality added value and supporting factors in implementing the economy and tourism by utilizing the environment as a potential innovation based on technology. And it is hoped that it can provide a strengthening of the economic sector and tourism must be more creative and innovative with the potential that exists in West Sumbawa Regency and West Nusa Tenggara Province to better see the advantages of creative economy and tourism based on the benefits of research, this research is for authors to express ideas and thoughts as a contribution for progress into economic development and tourism in West Sumbawa Regency, the benefits for the government are to advance the economic and tourism sectors in West Sumbawa Regency while the benefits for the community are the results of economic and tourism strategies as well as established capital so that they can quickly recover for increased development.
Keywords: Innovation, potential for innovation, tourism economy, MSME development.


Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Mendeskripsikan manfaat pentingnya resiliensi dan inovasi bagi penguatan UMKM, Untuk mengetahui  tahapan, proses dan syarat- syarat inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan UMKM di Kabupaten Sumbawa Barat, Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan wawancara dan sebagai metode pengumpulan data. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis SWOT.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor penghambat yang dihadapi dalam keterpurukan ekonomi dengan memanfaaat potensi lingkungan yang sangat luas sebagai potensi yang luar biasa sebagai bahan mampu menghasilkan nilai tambah  yang berkualitas dan faktor-faktor pendukung dalam pengimplementasian ekonomi dan pariwisata  dengan memanfaatkan  lingkungan sebagai potensi  inovasi yang berbasis teknologi. Dan diharapkan dapat memberikan penguatan sektor ekonomi dan Pariwisata harus lebih kreatif dan inovasi dengan potensi yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat dan Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk lebih melihat keunggulan ekonomi dan Pariwisata  berbasis kreatifManfaat penelitian, Penelitan ini bagi penulis untuk menuangkan ide dan pikiran sebagai sumbangsih untuk kemajuan menjadi pembangunan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat, manfaat bagi pemerintah untuk memajukan sektor ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat sedangkan manfaat bagi masyarakat hasil dari strategi ekonomi dan pariwisata serta modal yang mapan sehingga bisa cepat pulih untuk peningkatan pembangunan.
Kata Kunci : Inovasi, potensi inovasi, ekonomi pariwisata, pengembangan UMKM.


Full Text:

PDF

References


Alfin Samir dan Dwi Larso. 2011. Identifikasi Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kinerja UKM Catering di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Teknologi. Volume 10 Number 2 2011.

Aries Susanty, dkk. 2013. Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Klaster Batik Pekalongan (Studi Kasus pada Klaster Batik Kauman, Pesindon dan Jenggot). J@TI UNDIP, Vol VIII, No 1,Januari.

Badan Penerbit UMK Kudus. 2012. Pedoman Penyusunan Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Muria Kudus, Kudus.

Dedi Haryadi, dkk. 1998. Tahap Perkembangan Usaha Kecil: Dinamika Dan Peta Potensi Pertumbuhan. AKATIGA : Bandung. Ferdinand. 2005. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2. BP Universitas Diponegoro : Semarang. I

Putu Lanang, dkk.2014.Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil danMenengah (UMKM) di Kabupaten Bangli.e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan Manajemen (Volume 2 Tahun 2014).

Mohammad. 2006. Kajian Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha UKM di Provinsi Sumatera Utara.Jurnal Pengkajian Koperasi dan UKM.Nomor 1Tahun I – 2006.

Musran Munizu. 2010. Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.12, No. 1, Maret.

Ratna Kusumawati. 2010. Pengaruh Karakteristik Pimpinan dan Inovasi Produk Baru Terhadap Kinerja Perusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan. AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 5 No. 9, April 2010.

Riduwan.2003. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian.Alfabeta : Bandung.

Sakur. 2011. Kajian Faktor-Faktor yang Mendukung Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah: StudiKasus di Kota Surakarta. Spirit Publik.Volume 7, Nomor 2.

Septia Lutfi, dkk. 2012. Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Batik Pekalongan dengan Memberikan Acces Profil di Web.Himsya-Tech, Vol.8 No.1, Januari 2012 – ISSN 1907-2074.

Sigit.2013. Inovasi Dalam Perspektif Bisnis Islam. Jurnal Universitas Muhamadiyah. Universitas Muhamadiyah Yogyakarta. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta : Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v9i2.4828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.